IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI PADA SANTRI USIAREMAJA DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON MUHAMMADIYAH CIBIUK GARUT

Authors

  • Muhammad Algiansyah Subarja STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Tahfizul Quran, Santri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang sering terjadi dalam implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan santri pada usia remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; (2) Mendeskripsikan faktor-faktor pendukung implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; (3) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an; dan (4) Mendeskripsikan solusi faktor-faktor penghambat implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengolahan data primer berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (a),Implementasi pembelajaran tahfizul Qur’an adalah dengan cara menerapkan program yang telah susun. (b),faktor pendukungnya adalah fokus, motivasi. muraja’ah, tempat menghafal, menjadi imam shalat jahr, pemilihan waktu menghafal, wisuda tahfiz, dan pembelajaran nahwu, sharaf, dan mufrodat. (c),faktor penghambatnya adalah alokasi waktu yang kurang, musyrif yang kurang tanggung jawab, waktu yang terlalu padat, manajemen waktu santri yang kurang tepat, terdapat beberapa ayat yang serupa, kosa-kata baru, kurang fokus, rasa malas, dan kemampuan menghafal santri yang rendah. (d), solusi terhadap faktor penghambat adalah menambahkan alokasi waktu KBM tahfiz, mengadakan evaluasi mingguan, memanfaatkan waktu yang ada, mengadakan pengarahan, mengadakan club tahfiz, meningkatkan fokus, meningkatkan motivasi santri dan melakukan pendekatan kepada santri

References

Gunarta, I. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumerta. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(No.02 (2017)), 180–189. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM/article/view/1315

Khoirumansholeh, K., Maya, R., & Wahidin, U. (2020). Upaya Mudarris Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. EDUKASI ISLAMI Jurnal Pendidikan Islam, 3(No.1 (2020)), 24–34. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/933

Rusdiah, & Maimunah. (2022). Implementasi Metode Murottal dalamMenghafal Alquran. Tadribuna: Journal of Islamic Management Education, 2(No.2 2022), 1–8. http://www.journal.stithidayatullah.ac.id/index.php/tadibanjournals/article/view/18/15

Wahidin, U. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 2(No. 03 (2013)), 256–269. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/29

Ardi, M. T. (2015). At-Tashrif Fi ’Ilmi Shorfi (1 ed.). Pondok Pesantren Al-Furqon Muhammadiyah Boarding School Cibiuk Garut.

Setiawan, M. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran (1 ed.). Uwais Inspirasi Indonesi. https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/CPhqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Suparman, T. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran (1 ed.). CV. Sarnu Untung. https://www.google.co.id/books/edition/Kurikulum_dan_Pembelajaran/yZwAEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Astuti, N. P. (2021). Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli, Berikut Contoh Rencananya. Merdeka.com. https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-implementasi-menurut-para-ahli-berikut-contoh-rencananya-kln.html

Katsir, I. (2015). Tafsir Surat Az-Zukhruf, ayat 36-45. ibnukatsironline. http://www.ibnukatsironline.com/2015/10/tafsir-surat-az-zukhruf-ayat-36-45.html

Setiawan, E. (2021). Implementasi. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). https://kbbi.web.id/implementasi

Wasyik, T., & Hamid, A. (2020). Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Alquran Era Covid-19 Di Sanggar Tahfidz Entrepreneur Krian Sidoarjo. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(No.1 (2020)), 13–24. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1716779&val=10087&title=Implementasi E-Learning Dalam Pembelajaran Alquran Era Covid-19 Di Sanggar Tahfidz Entrepreneur Krian Sidoarjo

Published

2024-07-01

How to Cite

Subarja, M. A., Wahidin, U., & Priyatna, M. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SANTRI PADA SANTRI USIAREMAJA DI PONDOK PESANTREN AL-FURQON MUHAMMADIYAH CIBIUK GARUT. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(02), 95–108. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7122

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>