IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN DAYA TANGKAP BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-BAKRIATUL MUDASSIRIN BOGOR

Zegaf Wicaksono, Sarifudin Sarifudin, Ade Kohar

Abstract


Penelitian ini memiliki 5 (lima) tujuan yaitu: (1) untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas; (2) untuk mengetahui peran pendukung implementasi manajemen pengelolaan kelas; (3) untuk mengetahui faktor pendukung implementasi manajemen pengelolaan kelas; (4) untuk mengetahui faktor penghambat implementasi manajemen pengelolaan kelas; dan (5) untuk mengetahui solusi kepala sekolah dan guru dalam mengatasi faktor penghambat pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui teknik penghimpunan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berikut Hasil penelitian: Pertama, pelaksanaan manajemen pengelolaan kelas dalam meningkatkan keaktifan dan daya tangkap belajar siswa di SMPIT Al-Bakriatul Mudassirin bogor sudah terlaksana dengan baik dan sudah mendapat dukungan dari kepala sekolah. Kedua, Peran pendukung manajemen pengelolaan kelas dengan menggunakan fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actualling, controlling, dan evaluation. Ketiga, faktor pendukung dalam penerapan pengelolaan kelas terletak pada peran seorang guru yang menciptakan hubungan baik kepada siswa, menjadi teladan, dapat memotivasi, menggunakan berbagai metode pembelajaran secara sistemati. Keempat, terdapat faktor penghambat implementasi manajemen pengelolaan kelas yaitu faktor media pembelajaran yang kurang seperti buku dan guru yang kurang mumpuni. Kelima, solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut

Keywords


manajemen kelas, keaktifan dan daya tangkap belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Teras.

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hidayat, M. R. (2019). Implementasi Manajemen Kelas Pada Peserta Didik Kelas XII IAI di MAN 1 Lampung Timur. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2019M.

Imron, S. (2020). Jenis-jenis Aktivasi dalam Belajar Siswa. https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/proses-pembelajaran/jenis-aktivitas-pembelajaran

Jauhari, I. I. (2021). Manajemen Kelas. Qiara Media.

Khalifah, M., & Qutub, M. (2016). Menjadi Guru Inspiratif. Mumtaza Memang Istimewa.

Khariri, A. (2018). Upaya Guru Pendidikan Akhlak dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Yatim. Bogor: Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah.

Najahah. (2015). Potensi Daya Serap Anak Didik Terhadap Pelajaran. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Teknologi, 1(2), 159–171.

Prastika, H. C. (2017). Peran Pemerintah Daerah dan Partisipasi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Upaya Pengembangan Kerajinan Kulit di Kabupaten Magetan. Skripsi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Departemen Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.

Purwanti, D. (2015). Manajemen Kelas di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Riadi, M. (2020). Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator, dan Faktor yang mempengaruhi). https://www.kajianpustaka.com/2020/12/keaktifan-belajar-siswa.html.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Ahli Bahasa Diana Angelica, Ria Cahyani dan Abdul Rosyid (1th ed.). Salemba Empat.

Rosada, A. (2018). Menjadi Guru Kreatif Praktik-Praktik Pembelajaran di Sekolah Inklusif. Kanisius.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sinar, M. (2018). Metode Active Learning- Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Budi Utama.

Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Tohir, M. (2016). Sosok Guru Profesional yang Ideal Ala Ki Hajar Dewantara. https://doi.org/10.31219/osf.io/w4cef

Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Budi Utama.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum (4th ed.). ANDI.

Zahara, M. (2017). Impelementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran di SMP Al-Azhar 3 Way Halim Bandar Lampung. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung 1438 H/2017M.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zegaf Wicaksono, Sarifudin Sarifudin, Ade Kohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats