UPAYA MUDARRIS TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI

Khoirumansholeh Khoirumansholeh, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Abstract


Pendidikan Al-Qura’an menjadi perhatian penting di dalam membina diri bagi para santri untuk menjalani kiprahnya dimasa depan. Masih banyaknya para santri yang kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, disini para mudarris berperan penting untuk mengatasi santri yang masih kesulitan dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertempatkan di Musala Al-Muhaimin RT 02 RW 15 Harmony 2 Bogor Nirwana Residence Kota Bogor yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an pada santri, mengetahui upaya mudarris, faktor-faktor pendukung mudarris, mengetahui faktor-faktor penghambat mudarris, dan untuk mendapatkan solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat mudarris dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada santri Taman Pendidikan Al-Quran Al-Muhaimin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif.


Keywords


upaya mudarris, meningkatkan, membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

DPP HASMI. (2011). Meniti Jalan Hidayah. Bogor: Marwah Indo Media.

Sarbini, M. (2014). Pendidikan Robbani di Masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media.

Al-Qaththan, Manna’. (2013). Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: PT. Pustaka Litera AntarNusa. h

Al-Qaththan, Manna’. (2012). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid. (2009). Prophetic Parenting: Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U M.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi IV. Jakarta: Balai Pustaka.

Anonymous. 2017. pengertian upaya dan pengertian peningkatan. https://textid.123dok.com/document/dy4kk3k5q-pengertian-upaya-pengertian-peningkatan.html diakses pada 17 Juli 2019 pukul 10.17 WIB.

Ramayulis. (2013). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Wahidin, U. (2015). Efektivitas Model Pelatihan Komunikasi Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Meningkatkan Kompetensi Mudarris. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Widiyastuti, Hanik. (2016). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menambah Akhlaqul Karimah (Studi KasusDi SD Negeri 1 Banyakprodo Kecamatan Tritomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2014/2015). Tesisi. Surakarta: Institut Agama Islam Negeri (IAIAN) Surakarta.

Sutrisno, Abu Zakariya. (2018). Panduan Lengkap Mengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jawa Tengah: Yayasan Hubbul Khoir.

Achmad Toha Husein Al-Mujahid. (2017). Ilmu Tajwid Pegangan Pengajar Al-Qur’an dan Aktifis Dakwah. Jakarta Timur: Darus Sunnah Press.

Putra Nusa dan Santi Lisnawati. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.


DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ppai.v3i01.933 <

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khoirumansholeh Khoirumansholeh, Rahendra Maya, Unang Wahidin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jl. Raya Dramaga KM. 7

Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat

Kota Bogor

Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: lppm@staialhidayahbogor.ac.id

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional..

View My Stats