IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAT AL-KALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SANTRI KELAS VIII DI SMPT DARUSSALAM TASIKMALAYA

Authors

  • Husni Muhammad Rasid STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Wartono Wartono STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Maharat al-kaclam, Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kekhawatiran terhadap kelestarian bahasa Arab dikalangan para santri yang kini semakin menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi metode pembelajaran bahasa Arab maharat al-kalam. (2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung metode pembelajaran bahasa Arab maharat al-kalam. (3) untuk mengetahui faktor-faktor penghambat metode pembelajaran bahasa Arab maharat al-kalam. (4) untuk mengetahui solusi terhadap faktor-faktor penghambat metode pembelajaran bahasa Arab maharat al-kalam. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian lapangan kualitatif. Hasil penelitiannya yaitu sebagai berikut : Pertama, Implementasi metode pembelajaran bahasa Arab maharat al-kalam untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab santri kelas VIII di SMPT Darussalam Tasikmalaya yaitu: (a) ilqo mufrodat; (b) muhadatsah; (c) idza’ah; (d) muhadoroh; (e) Mahkamah; dan (f) Arabic drama kontes. Kedua, faktor pendukungnya adalah (a) Lingkungan yang mendukung; (b) Fasilitas belajar; (c) Dukungan guru; dan (d) Buku pedoman pelajaran. Ketiga, faktor penghambatnya adalah (a) Motivasi dan minat belajar bahasa rendah; (b) Kurang konsentrasi dalam belajar bahasa; dan (c) pengaruh teman dan kurang percaya diri. Keempat, solusi terhadap faktor penghambat adalah (a) membuat acara seminar dalam meningkatkan minat belajar bahasa; (b) membuat suasana belajar mengajar lebih kondusif; dan (c) memilih teman yang baik dan menanamkan jiwa percaya diri.

References

Ahmadi, & Aulia Mustika. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Konvensional Hingga Era Digital. Genta Grup.

Febrianingsih, D. (2021). Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(2) STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi

Murti, S. (2015) Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia di Era Globalisasi. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Raco, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sam, Z. (2016). Z. Sam. Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Vol. 2(No 1), Hlm. 5.

Setyabudi, Mohammad Arif, Syamsuddin, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Tujuan Khusus. Jurnal Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng, (Pembelajaran Bahasa Arab), 90–98.

Syamaun, N. (2016). Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id

Syukriya, A. U. (2013). Edutainment: Ikhtiar Mengolah Heterogenitas Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharatul Kalam) Pada Peserta Didik SMA Islam P.B. Soedirman 1 Bekasi. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III, 265–281.

Wahyono. (2016). Pengaruh Pemahaman Aspek Filosofi Bahasa Jawa Terhadap Pola Komunikasi Masyarakat Dalam Bahasa Indonesia. Analisis Jurnal Pengajaran Bahasa Indonesia. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/12728?show=full

Published

2024-07-01

How to Cite

Rasid, H. M., Maulida, A., & Wartono, W. (2024). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAT AL-KALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB SANTRI KELAS VIII DI SMPT DARUSSALAM TASIKMALAYA. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 159–170. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7129

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>