Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Tingkat SMP

Muhammad Izzuddin Alqosam, Ali Maulida, Muhamad Priyatna

Abstract


Penelitian ini berfokus pada latar belakang banyaknya anak-anak remaja muslim yang hanya sedikit wawasan agamanya, berprilaku jauh dari norma Islam, serta pergaulan yang bebas. Penelitian ini membahas tentang implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelas VIII di SMPIT Baitul Anshor Kota Cimahi Tahun Ajaran 2019/2020 M. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan dengan analisis deskriptif interpretatif, pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter religius siswa kelass VIII di SMPIT Baitul Anshor Kota Ciamhi adalah dengan memberikan pembelajaran akidah akhlak kepada siswa lalu mengevaluasinya dengan UTS dan UAS, lalu siswa dibiasakan untuk melakukan amal ibadah dan diawasi oleh guru dan kakak asuh selama implementasi pembelajaran akidah akhlak. 2) Faktor-faktor yang mendukung implementasi pembelajaran akidah akhlak yaitu (a) Lingkungan Sekolah yang Baik (b) Pengawasan yang Ketat dan Pembelajaran yang Baik dari Guru dan Kakak Asuh (c) Media Pendukung Implementasi Pembelajaran. 3) Faktor-faktor yang menghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak yaitu (a) Lingkungan (b) Latar Belakang Siswa. 4) Solusi dari faktor penghambat implementasi pembelajaran akidah akhlak yaitu (a) Membuat Lingkungan Pesantren yang Religius (b) Menyelaraskan dan Menguatkan Peraturan.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zaenal. Muhammad D. Udin. (2015). Perilaku Remaja Pengguna Gadget. Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman. Vol. 26 No. 02.

Assidiq, M. Lutfi, Rahendra Maya, dan Muhamad Priyatna. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) PESAT Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Prosa PAI: Prosiding Alhidayah Pendidikan Agama Islam

Dalimunthe, Sehat Sultoni. (2016). Filsafat Pendidikan Akhlak. Sleman: Deepublish.

Ginanjar, M. Hidayat, dan Nia Kurniawati. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 06 No. 12.

Hamid, Abdullah al-Atsari bin Abdul. (2001). Al-Wajiiz fii Aqiidatis Salafis Shaalih (Ahlis Sunnah wal Jama’ah). Terj. Farid bin Muhammad Bathathy. (2007). Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Al-Jumhuri, Muhammad Asroruddin. (2015). Belajar Aqidah Akhlak: Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid dan Akhlak Islamiyah. Sleman: Deepublish.

Kemenag RI. (2014). Buku Guru Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Agama.

Lajnah Ilmiah MIM. (2014). Dinul Islam 2. Bogor: Marwah Indo Media.

Maulida, Ali. (2013). Konsep dan Desain Pendidikan Akhlak dalam Islamisasi Pribadi dan Masyarakat. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 02,

Maulida, Ali. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Alhidayah Press.

Narwanti, Sri. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Nashir, Haedar. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo.

Sulhan, Najib, Agus Salim, dan Miftahussirojudin. (2015). Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyyah. Jakarta: Zikrul Hakim (Anggota IKAPI).

Swandar, Refi. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Budi Mulia Sedayu Bantul.

al-Utsaimin, Muhammad bin Shalih. (1996). Syarh al-Aqidah al-Wasithiyah Li Syaikh al-Islam Ibni Taimiyah (Syarah Aqidah Wasithiyah Syaik al-Islam Ibnu Taimiyah). Terj. Izzudin Karimi. (2014). Jakarta: Darul Haq


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Izzuddin Alqosam, Ali Maulida, Muhamad Priyatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats