Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an pada Siswa Tingkat SMP di Bogor

Authors

  • Dika Kurnia Dikrillah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an dalam dunia pendidikan adalah suatu kepentingan. Hasil penelitian upaya guru dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an adalah sebagai berikut: (a) Minat, mengukur seberapa besar keinginan siswa dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an (b) memperbanyak model pembelajaran, dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur’an (c) evaluasi, dengan adanya evaluasi seorang guru akan mengetahui tata letak kekurangan yang ada pada diri siswa. Elemen pendukungnya adalah (a) pengelola sekolah yang baik akan berpengaruh besar pada pembelajaran siswa (b) peraturan sekolah yang baik akan berpengaruh juga terhadap siswanya dalam pembelajaran (c) tenaga pengajar yang berpengalaman. Faktor penghambatnya adalah (a) kurangnya motivasi tanpa adanya motivasi seorang siswa tidak akan pernah bergerak untuk melakukan suatu kegiatan (b) kemalasan, dalam diri seorang siswa akan selalu hadir rasa malas dalam hidupnya (c) kejenuhan, keadaan jenuh dan tidak adanya rasa semangat pada diri siswa dan memaksakan diri. Solusi atas faktor penghambat adalah (a) memberikan kepercayaan diri yang tinggi kepada siswanya dalam pembelajaran, (b) menghilangkan kejenuhan pada diri siswa dalam pembelajaran (c) harus selalu menjaga komunikasi dengan orang tua atau keluarganya

References

Maulida, A. (2018). Kompetensi Pendidik dalam Perspektif M. Natsir. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).

Maya, R. (2014). Persepektif Al-Qur’an tentang Konsep Al Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 01(01).

Maya, R, dan Syafri, U. Amri. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhamad ibn Ismail Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 09(01).

Priyatna, M (2015). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Syariah di STAI Al-Hidayah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1).

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Bogor. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01).

Referensi dari Buku

Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Haryanti, N (2014). Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: ALFABETA.

Yusuf, A. Muri (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurhadi. (2018). Strategi Meningkatkan Daya Baca . Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ramayulis. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Adiputri, R.D. (2019). Sistem Pendidikan Finlandia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Dikrillah, D. K., Maulida, A., & Priyatna, M. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an pada Siswa Tingkat SMP di Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 269–276. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2988

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>