PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAM ORANG TUA TERHADAP SIKAP KETAATAN MELAKSANAKAN IBADAH SALAT 5 (LIMA) WAKTU PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BOGOR

Authors

  • Putri Amalia Rusliani STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7127

Keywords:

Bimbingan, Keagamaan Islam, Orang Tua, Sikap Ketaatan, Ibadah, Salat

Abstract

Madrasah pertama bagi seorang anak sudah pasti adalah keluarganya, yaitu orang tua. Orang tua berperan penting dalam mendidik dan membimbing anak dalam hal keagamaan, terutama dalam hal ibadah salat 5 (lima) waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan keagamaan Islam orang tua terhadap sikap ketaatan melaksanakan ibadah salat 5 (lima) waktu pada siswa kelas XI SMAN 10 Kota Bogor. Jika dilihat dari jenis data, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa nilai koefisien korelasi rxy yaitu 0,345 dengan nilai t hitung sebesar 2,401. Hasil perhitungan korelasi product moment yaitu 0,345 dengan t tabel 5% = 1,681, maka t hitung > t tabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y adalah signifikan, sebesar 11,9% melalui koefisien determinasi, sedangkan selebihnya 88,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti, dengan kategori koefisien korelasi “Rendah” sebesar 0,345. Korelasi yang positif tersebut memperlihatkan adanya pengaruh antara Bimbingan Keagamaan Islam Orang Tua dengan Sikap Ketaatan Melaksakanan Ibadah Salat 5 (Lima) Waktu pada Siswa Kelas XI SMAN 10 Kota Bogor.

References

Abidin, Z. 2020. Fiqh Ibadah. Cetakan Pertama. CV Budi Utama. Yogyakarta.

Aeni, D. Q. 2019. Salat Sunah. Mutiara Aksara. Semarang.

Alam, W. N. 2017. Hubungan Bimbingan Keagamaan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang. Pemalang.

Darmanah, dan Garaika. 2019. Metode Penelitian. CV HiraTechH. Lampung.

Darul Insan. 2021. Belajar Menunaikan Salat Lima Waktu Sesuai Tuntunan Rasulullah. Edisi Digital. PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.

Khoirudin. 2021. Tingkatkan Kerajinan Salat dengan Metode Jurnal. Jawa Pos, Radar Semarang. 4 November. Halaman 1. Semarang.

Khamdi, A. 2020. Salat Ilmiah: Intisari Salat Fardu & Sunah Serta Beragam Polemik Salat. Bintang Pustaka Madani. Yogyakarta.

Rahmawati, I. R. N. 2020. Korelas Antara Bimbingan Orang Tua dan Pemahaman Agama dengan Ketaatan Beribadah Siswa. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Jawa Timur.

Ruli, E. 2020. Tugas dan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jurnal Edukasi Nonformal.

Sudarsono. 2018. Pendidikan Ibadah Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Studi Keislaman 4(2): 64.

Sutrisno, A. 2017. Metode Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak dalam Keluarga. Al-Bahtsu 2(2): 207.

Tim Maghfirah Pustaka. 2017. Islam For Teen, Refresh Your Tauheed. Maghfirah Pustaka. Jakarta Timur.

Tim Ulama Fikih. 2021. Fikih Muyassar. Darul Haq. Jakarta.

Wahidin, U. 2012. Peran Strategi Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami, Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 122-128.

Published

2024-07-01

How to Cite

Rusliani, P. A., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2024). PENGARUH BIMBINGAN KEAGAMAAN ISLAM ORANG TUA TERHADAP SIKAP KETAATAN MELAKSANAKAN IBADAH SALAT 5 (LIMA) WAKTU PADA SISWA KELAS XI SMAN 10 KOTA BOGOR . Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 135–146. https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7127

Citation Check