IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN Al-QUR’AN WAL HADIST MADRASAH ALIYAH AL-HAITSAM BOGOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENGETAHUAN ILMU AGAMA SANTRI
Keywords:
Implementasi, Manajemen, Kurikulum, Pondok Pesantren, Ilmu Agama SantriAbstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum Pondok Pesantren Al-Qur’an Wal Hadist Madrasah Aliyah Al-Haitsam Bogor dalam meningkatkan kualitas pengetahuan ilmu Agama Santri. Tentang hal tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh melalui Koodinator Pondok Pesantren, Waka Kurikulum dan Guru/Ustaz. Hasil Penelitiannya sebagai berikut: (1) perencanaan kurikulum pondok pesantren terdiri dari kalender akademik, jadwal pelajaran jam sekolah dan luar sekolah, mengadakan rapat, membuat silabus dan RPP, disesuaikan dengan Visi Misi pondok pesantren dan menyediakan alat media pembelajaran (2) Pelaksanaan Kurikulum pondok pesantren terdiri dari pelaksanaan kurikulum pondok pesantren, pelaksanaan kurikulum pada tingkat sekolah dan pelaksanaan kurikulum tingkat kelas. (3) Pengawasan Kurkulum pondok pesantren terdiri dari pemantauan kurikulum pondok pesantren, diadakannya evaluasi tersebut, penilaian produk atau kelulusan, alat evaluasi yang digunakan serta yang dibahas pada evaluasi tersebut.
References
Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana.
Baharuddin Ismail (2014). Tumbuh dan Berkembangnya Pesantren di Indonesia. IAIN Padang Hal: 115. Vol 16.
Dahwadi dan Nugraha Sifa Farhan. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Agama Islam. Wonosobo Jawa Tengah: Mangku Bumi Media.
Hamanik. Oemar (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Khan Salahudi Dkk. (2019). Manajemen, kepemimpinan, dan supervise pendidikan. Universitas Ibnu Khaldun Bogor. Vol 4.
Komri. (2018). Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group.
Komariah Aan dan Satori Djam’an. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta.
Lala. Nurkamila. (2017). Penggunaaan Model problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipersitas Pasundan Bandung.
Maspuroh. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Model Pesantren Dalam Mencetak Ulamaul Amilin, Ulumaul Muttaqin, dan Ulumaus Shalihin (Penelitian di Pondok Pesantren Al-Intiqoq Cianjur). Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor. Vol: 02.
Moeleong Lexy J. (2011). Metodoligi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Karya.
Musfah Jejen. (2018). Manajemen Pendidikan Aplikasi, Strategi dan Inovasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Musfah Jejen. (2015). Manajemen pendidikan, Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.
M.Junaidi dan Fauzan (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Arruzz Media.
Ro’fatunnaihi. (2019). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pada Sekolah Dasar Islam terpadu Kaifa Ciomas Bogor.
Sanjaya Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PRENADAMEDIA.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Depok. PT Raja Grafindo.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) Nomor 20 Tahun 2003.
Wahyudin Din. (2019). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Hal: 94.
Wahidin Ade. (2019). Manajemen Kurikulum Sekolah Islami di sekolah dasar Islam Terpadu Sekolah unggulan Islami (SUIS) Bogor. STAI Al-Hidayah Bogor.
Yusup dkk (2018). Manajemen Pendidikan Karekter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Tabdir Muwahhid, Universitas Djuanda. No 1, Vol 2.