PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT BERJAMAAH SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Endang Endang STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhamad Priyatna STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Peran, Kedisplinan, Salat Berjamaah

Abstract

Peran dari guru pendidikan agama islam dan juga budi pekerti sangat penting untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam salat berjamaah. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah guna mencari tahu peran dari guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti guna melakukan peningkatan kedisiplinan salat berjamaah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Bogor menerapkan pendekatan kualitatif observative non statistikal. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) peran Guru PAI dan Budi Pekerti guna melakukan peningkatan kedisiplinan salat berjamaah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Bogor adalah sebagai motivator dan teladan bagi peserta didiknya. (2) Faktor Pendukung: (a) adanya peran Guru PAI dan budi pekerti, (b) sarana dan prasarana ibadah, dan (c) kebiasaan atau tradisi yang ada di sekolah. (3) Faktor Penghambat: (a) faktor internal peserta didik dan (b) kurangnya kesadaran peserta didik terhadap salat berjamaah (4) Solusi: (a) mengabsen dan memberikan nilai plus agar peserta didik tambah semangat dalam menunaikan salat berjama’ah dan (b) memberikan pemahaman

References

Al-Jaza'iri, Abu Bakar Jabir Al-Jaza'iri. (2017). Minhajul Muslim (Konsep Hidup Ideal dalam Islam) Terj. Musthofa 'Aini, Dkk. Jakarta: Darul Haq.

Amiruddin, Aam. (2018). Sudah Benarkah Shalatku?: Panduan Gerakan Dan Bacaan Shalat. Bandung: Khazanah Intelektual.

An-Nawawi, Imam. (2015). Riyadhush Shalihin. Jakarta. Darul Haq.

Buseri, H. Kamrani. (2014). Dasar, Asas dan Prinsip Pendidikan Islam. Banjarmasin. IAIN Antasari.

Heriyanto, B., Sarifuddin, A., Herman, Maulida, A., dan Jabar, A. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02).

Darmadi, Hamid. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, Vol. 13(02).

Departemen Agama RI. (2015). Al-Quran Terjemahan. Jakarta: PT. Suara Agung.

Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru PAI. Depok. PT. Raja Grafindo Persada.

Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01).

Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

Jawas, Yazid Bin Abdul Qadir. (2017). Sifat Wudhu Dan Shalat Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi'i.

Lestari, Asri. (2016). Peran Guru Pendidikan Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik (Studi Kasus Di SMPN Terbuka 16 Kota Bogor TKB Mandiri Cahaya). (Skripsi) Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor.

Maya, Rahendra. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Jurnal Edukasi Islami, Vol. 02(03).

Navae, Miss Fuseyah. (2019). Peran Guru PAI (PAI) dalam Membentuk Akhlak Peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Semarang. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Walisongo.

Najmuddin, Fauzi, dan Ikhwani. (2019). Program Kedisiplinan Peserta didik di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar. Jurnal Edukasi Islami, Vol. 08(02).

Novan Ardy Wiyani. (2015). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta. Gava Media.

Nurkholis, M. Anwar dan Badawi. (2019). Profesionalisme Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019.

Putri, Arnila Maya. (2019). Urgensi Shalat dalam Pembentukan Kepribadian Muslim. (Skripsi). Mahapeserta didik Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darusalam - Banda Aceh.

Raco, J.R.. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, Dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Raswad, Myr.. (2011). 27 Keutamaan Shalat Berjamaah Di Masjid. Jakarta. Pustaka Al-Kautsar.

Rochman, Chaerul dan Heri Gunawan. (2016). Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru: Menjadi Pendidik Yang Dicintai dan Diteladani Peserta didik. Bandung: Nuansa Cendekia.

Tafsir, Ahmad. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Badung. PT. Remaja Rosdakarya.

U, M. Shabir. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Jurnal. Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015.

Hasil Wawancara dengan Key Informant II. pada hari kamis tanggal 17 Juni 2021 pukul 10.23 WIB.

Hasil Wawancara dengan Key Informant I. pada hari senin tanggal 21 Juni 2021 pukul 09.19 WIB.

Hasil Wawancara Dengan Key Informant I. pada hari senin tanggal 21 Juni 2021 pukul 09.19 WIB.

Hasil Wawancara Dengan Key Informant I. pada hari senin tanggal 21 Juni 2021 pukul 09.19 WIB.

Hasil Wawancara Dengan Key Informant I. pada hari senin tanggal 21 Juni 2021 pukul 09.19 WIB.

Published

2024-07-01

How to Cite

Endang, E., Priyatna, M., & Sarifudin, A. (2024). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SALAT BERJAMAAH SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2020/2021. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 61–72. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7118

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>