IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMA AL-WILDAN ISLAMIC SCHOOL 3 BSD CITY SERPONG TANGERANG SELATAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Metha Kurnia Putra, Unang Wahidin, Agus Sarifudin

Abstract


Penelitian ini memiliki empat tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan implementasi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP)dalam meningkatkan mutu pembelajaran; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran; (3) mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran; dan (4) mendapatkan solusi atas faktor-faktor penghambat implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif melalui teknik penghimpunan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini sebagaimana disebutkan berikut ini: (1) implementasi pengembangan kurikulum PAI dan BP sudah sesuai dengan kurikulum tingkat nasional. Sekolah menerapkan kurikulum berkualitas dan bermutu secara seimbang. Mutu pembelajaran menghasilkan output pembelajaran berupa pencapaian prestasi siswa; (2) faktor-faktor pendukungnya adalah motivasi kuat, minat besar, sikap positif, kondisi jasmani sehat, IQ yang baik, dan bakat siswa; (3) faktor-faktor penghambatnya adalah kurangnya kemandirian belajar siswa, media dan sarana penunjang belajar, peran dan pengawasan orang tua di rumah, penggunaan gadget/HP secara berlebihan, kebiasaan belajar hanya menjelang ujian; (4) solusi atas faktor-faktor penghambatnya adalah memaksimalkan kemandirian belajar, membeli buku dan berlangganan internet, mengembalikan peran dan pengawasan orang tua, membatasi aturan penggunaan gadget/HP sekedarnya untuk kepentingan belajar dan menghilangkan kebiasaan belajar hanya menjelang ujian

Keywords


implementasi, pengembangan kurikulum, mutu pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Alfarisi, Salman. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Jurnal Rayah Al-Islam, 04(2).

Al-Anwari, Mukminin. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(2).

Elisa. (2017). Pengertian, Peranan, dan Fungsi Kurikulum. Jurnal Ilmiah: Jurnal Curere, 01(2).

Hamdanah. (2019). Administrasi Pendidikan Madrasah Diniyah dalam Perspektif Sistem Pendidikan Nasional: Studi Tentang Kelembagaan, Kurikulum dan Pendidikan. Islamic academika, 06(2).

Hidayati, Wiji. (2016). Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jenjang SMA Bermuatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(2).

Junaid, Hamzah. (2012). Sumber, Azas dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi Secara Makro dan Mikro Terhadap Rumusan Kebijakan Pendidikan Nasional). Sulesana, 07(2).

Kosim, Abdul. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru dan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Madaniyah, 02(11).

Mubarak, Faisal. (2015). Faktor dan Indikator Mutu Pendidikan Islam. Jurnal: Management of Education, 01(1).

Mulyono. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama 07(1).

Nyoman Sridana, Sudirman Wilian dan Dadi Setiadi. (2018). Sistem Penjamin Mutu Internal di Satuan Pendidikan Menengah (SMA). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 01(1).

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonsia. Jurnal Al-Ta’dib, 08(1).

Wahidin, Unang. (2014). Communication Training Learning Based Multimedia Development for Teachers of Pedagogy Competence. International Journal of Education and Management Studies, 04(2).

Wahidin, Unang. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 07(2).

Wahyu, Eka Hidayati. (2017). Pengaruh Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Jujur Siswa SMAN 1 Tarik Sidorjo. Jurnal Kuttab, 01(1).

Zuhri, Khoirudin. (2017). Korelasi Prestasi Belajar Akidah Akhlak dengan Perilaku Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Sunan Gunung Jati Gurah Kediri. Jurnal Spiritualita, 01(2).

Sumber dari Buku

Arifin, Zaenal. (2021). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

E, Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firdianti, Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Lampung: CV. Gre Publishing.

Haryanti, Nik. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Kurdi, Syarifudin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mahmud. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Majid, Abdul. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja posdakarya.

Mulyasana, Dedy. (2011). Pendidikan bermutu dan berdaya saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudja’I, Achmad. (2013). Pengembangan Kurikulum. Semarang: Akfi Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasinya. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Revisi, Cet ke-22). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penterjemah dan Penafsir Al-Qur’an. (2016). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI.

Uno, Hamzah B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Martinis., Maisah. (2012). Manajemen Pembelajaran Kelas (Stragegi meningkatkan Mutu Pembelajaran). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, Cetakan ke-2.

Sumber dari Internet

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ budi pekerti. Diakses tanggal 28 Desember 2020.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Metha Kurnia Putra, Unang Wahidin, Agus Sarifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats