IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL HADIS DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PLUS TAHFIDZ IBNU UMAR PAMULANG TANGERANG SELATANTAHUN AJARAN 2022

Authors

  • Muhammad Ibadurrahman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Quran, Hadis, Tahfidz, Metode

Abstract

Dalam proses pembelajaran pengimpelementasian metode merupakan hal sangat penting, salah satunya pada pembelajaran Quran Hadis karna dapat berpengaruh terhadap kualitas belajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai Implementasi Metode Menghafal Hadis Dalam Mata Pelajaran Qur’an Hadis Terhadap Kualitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Islam Plus Tahfidz Ibnu Umar Pamulang Tangerang Selatan tahun Ajaran 2022. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Implementasi metode menghafal Hadis dalam mata pelajaran Quran Hadis terhadap kualitas belajar siswa, sudah sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. (2) Faktor pendukungnya yaitu adanya peran guru dalam memotivasi siswa dan semangat belajar siswa itu sendiri. (3) Faktor penghambatnya yaitu tidak percaya diri, rasa malas yang ada pada diri siswa, dan tidak memanfaatkan waktu luang untuk memurojaah/mengulang pelajaran yang sudah dipelajari. (4) Solusi atas faktor penghambat tersebut adalah berusaha selalu percaya diri, senantiasa memotivasi diri untuk semangat dalam menuntut ilmu dan memanfaatkan waktu luang dengan membiasakan diri untuk mengulang pelajaran yang sudah dipelajari

References

Al wasilah, A. C. 2015. Islam, culture and education. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Al-Qaththan, S. M. (2015) Pengantar Studi Ilmu Hadits. Pustaka Al Kautsar. Jakarta.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Faturohman, P. 2017. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islam. PT. Refika Aditama. Bandung.

Islamudin, H. 2012. Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Khon, A. M. 2013. Ulumul Hadis. Amzah. Jakarta.

Kustawan, D. 2013. Analisis Hasil Belajar, Program Perbaikan dan Pengayaan Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. PT. Luxima Metro Media. Jakarta.

Makbuloh, D. 2012. Pendidikam Agama Islam. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mujib, A. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Kencana. Jakarta.

Novitasari, D. 2020. Peningkatan Kemampuan Menghafal Hadits Tentang Takwa Mata Pelajaran Al-Qur‟an Hadits Melalui Metode Talaqqi Pada Siswa Kelas IV-B MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. (Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020), h.18.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000291 Tahun 2013 Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Jakarta.

Published

2024-07-01

How to Cite

Ibadurrahman, M., Maya, R., & Maulida, A. (2024). IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL HADIS DALAM MATA PELAJARAN QUR’AN HADIS TERHADAP KUALITAS BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM PLUS TAHFIDZ IBNU UMAR PAMULANG TANGERANG SELATANTAHUN AJARAN 2022. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 109–116. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7124

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>