Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Madrsah Aliyah Swasta

Authors

  • Aceng Ali STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengidentifikasi cara guru akidah akhlak untuk mencegah kenakalan siswa itu. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Persatuan Ummat Islam (PUI) Bondongan Kota Bogor. Penelitian studi kasus menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Mengumpulkan informasi dari beberapa informan dengan teknik observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi, yaitu; guru Akidah Akhlak, kepala sekolah, dan siswa. Hasil dari penelitian tersebut diantaranya (1) Kondisi perilaku siswa di sudah terbiasa dengan akhlak karimah, sopan santun dan taat tertib meskipun ada beberapa anak yang melanggar. (2) pencegahan kenakalan siswa sebagai upaya guru akidah akhlak itu di Madrasah Aliyah dilakukan dengan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran, meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran siswa terkait bahaya dari kenakalan siswa. (3) Faktor pendukung antara lain: meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran, memberikan contoh akhlak yang baik dan mengawasi pergaulan siswa dari sekitar sekolah; (4) Faktor penghambatnya yaitu belum lamanya guru menguasai mata pelajaran, pergaulan siswa di luar sekolah dan sarana prasaran yang belum lengkap (5) Solusinya, meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran, memberikan contoh akidah akhlak yang baik dan mengawasi pergaulan bebas dari dalam dan luar sekolah.

References

Wahidin, Unang. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Unang Wahidin. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 7 (02): 230.

Bafadhol, Ibrahim. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 6(02).

Mz, Syamsul Rizal. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01): 67-100.

Maya, Rahendra. (2013). Esensi Guru dalam Visi Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 2(03).

Nia Kurniawati dan Muhammad Hidayat Ginanjar. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02): 25.

Asmawi, Risma. (2018). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Mts Darussalam Kademangan Blitar, h.40.

Nisa, Afiatin. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 102-103.

Sumber dari Buku

Maulida, Ali. (2017) Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Al-Hidayah Press.

Ramayulis. (2016). Profesi & Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Mahjuddin. (2009). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.

Abdurahman, Muhammad. (2016). Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam.

Khalisah Nur Latuconsina. (2014). Akidah Akhlak Kontemporer. Makassar: Alauddin Unipersity Press.

E. Bahruddin dan Asep Saepul Hamdi. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikatif dalam Pendidikan. Bogor: UIKA Press.

E. Bahruddin dan Asep Saepul Hamdi. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikatif dalam Pendidikan. Bogor: UIKA Press.

Website

https://www.aljazeera.com/programmes/101east/2017/03/jakarta-school-brawl-170323120814887.html. Di akses pada tanggal 06 Jan 2020 05:34.

https://www.medcom.id/nasional/hukum/VNnlwyak-angka-kriminalitas-naik-pada-awal-2021. Diakses pada tanggal 28-11-2021 10:56

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Ali, A., Wahidin, U., & Maulida, A. (2022). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Madrsah Aliyah Swasta. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 371–384. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2997

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>