Pengaruh Hafalan Al Quran Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Santri

Rendi Seno Aji, Muhamad Priyatna, Agus Sarifudin

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap peningkatan kecerdasan spiritual santri, Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Almaa Parung Bogor. Penelitian ini dilatar belakangi adanya santri yang memiliki kecerdasan spiritual yang tidak sesuai dengan hafalan Alquran yang ia miliki. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengkaji informasi tentang ada atau tidaknya pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap peningkatan kecerdasan spiritual santri di Ponpes Tahfidzul Quran Almaa Parung Bogor pada tahun 2019. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, teknik yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, dan sampel angket sebanyak 73 orang. Kemudian hasil dari penelitian itu membuktikan bahwa ada korelasi antara hafalan Alquran sebagai variabel x terhadap peningkatan kecerdasan spiritual yaitu variabel y disebabkan t hitung lebih tinggi yaitu 4,4377 dibanding dengan taraf signifikansi = 1,671 sehingga t hitung > dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh

Full Text:

PDF

References


Prawiro, A.M, B, (2017). Pendidikan Berkarakter Islami bagi Anak Yatim. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (03).

Ginanjar, M. (2017). Aktivitas Menghafal Alquran dan pengaruhnya terhadap prestasi Akademik Mahasiswa (Studi kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma'had Huda Islami, Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Ginanjar, M. (2012). Reformasi Pendidikan dan Strategi Pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional di Era Global. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam,1(01).

Sumaryanto, P. (2017). Implementasi Kebijakan Kelembagaan PAUD (Studi Kualitatif Deskriptif pada PAUD di Jakarta Utara). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05).

Sutarto, S. (2019). Lingkungan Pendidikan dalam Perspektif Alquran dan Implikasinya terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02).

Sumber dari Buku

Ahmadi, H., Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. h. 26-27.

Al Mubin, P. (2013). Mushaf Sahmalnour. Jakarta.

Arham. (2013). Agar Sehafal Al-Fatihah. Bogor: CV Hilal Media Group.

Azzat, A. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Mahmud. (2010) Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ramayulis. (2014). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia..

Ramayulis. (2015). Filsafat PendidikanIslam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sardimi dan Dakir. (2011). Pendidikan Islam dan ESQ Komparasi Intregatif Upaya Menuju Stadium Insan Kamil. Semarang: Rasail Media Group.

Sugiono. (2017). Statistik untuk Penelitiaan. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia. h. 381.

Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No. 20 (2003) Pasal. 01 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zamroni dan Umairoh. (2011). ESQ dan Model Kepemimpinan Pendidikan Kontruksi Sekolah Berbasis Spiritual. Semarang: Rasail Media Group.

Sumber dari Website

https://rumaysho.com/3182-Alquran-menjadi-pembela-ataukah-musuhmu.html, diakses pada tanggal 13 Mei 2019 pukul: 11.47.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rendi Seno Aji, Muhamad Priyatna, Agus Sarifudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats