PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KETAATAN BERAGAMA MENDIRIKAN IBADAH SALAT PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA LANSIA PROVINSI JAWA BARAT

Authors

  • Erna Rooslyna Affandi STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7088

Keywords:

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Ketaatan Beragama, Ibadah Salat Lansia

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan proses dalam menciptakan manusia seutuhnya, yang beriman, bertakwa kepada Allah ﷻ, serta mampu mewujudkan eksistensinya sebagai khalifah Allah ﷻ di muka bumi yang sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah. Konsep ketaatan beragama mendirikan ibadah salat pada lanjut usia yaitu taat yang merupakan bagian dan konsekuensi dari adanya pengakuan atau keimanan terhadap ajaran agama Islam. Penelitian ini dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Daerah Pusat Pelayanan Sosial Griya Lansia Provinsi Jawa Barat dan di Satuan Pelaksana Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap ketaatan beragama mendirikan ibadah salat pada lanjut usia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi 351 lansia dan sampel sebanyak 53 lansia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, studi dokumen, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap ketaatan beragama mendirikan ibadah salat yaitu r hitung lebih besar dari r tabel (0,980 > 0,271) berarti berada pada taraf “Sangat Kuat” dan koefisien determinan atau koefisian menunjukkan pengaruh variabel X terhadap Y adalah 96.04 % berarti dengan demikian dapat dikatakan bahwa ‘Ho ditolak dan “H1” diterima, artinya ada pengaruh

References

Abid Kholis Lahuddin. (2017). Pola Komunikasi Guru terhadap Siswa Tuna Rungu dalam Pembinaan Ibadah Shalat. Universitas Negeri Jakarta.

Alkhaledi Kurnialam. (2021). Sifat Sholat Rasulullah SAW Menurut Sahabat Abu Qatadah. Republika.

Casnan, Purnawan, Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2021). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/4896/1987

Ghozali. (2016). No Title.

Hamdanah. (2017). Bunga Rampai Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Buana.

Hayati, I. N. (2021). Pendidikan Agama Bagi Lansiadi Griya Werdha (Sebuah Perspektif Pendidikan Islam Dan Psikologi). Ar-Risalah, 19.

Jalaludin. (2019). Psikologi Agama Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi (Edisi Revi). Rajawali Pers.

Koko Adya Winata. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Vo. 9 No.

Mudhofar. (2017). Konsep Ibn Taimiyyah Tentang Ibadah dan Mu’amalah. Jurnal Pustaka, 9(LP3M IAI Al-Qolam Malang), 70–90.

Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 Edi.

Muhammad Haris. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M. Arifin. Jurnal Ummul Qura, Vol VI No.

Mujib, A. 1968. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Cetakan Pertama. Kencana.

Mutaqin, J. Z. (2017). Lansia dalam Al-Qur;an Kajian Term (Tafsir Asy-Syaikh, Al-Kibar, Al-Ajuz, Ardzal, Al-Umur.

Nafisah. (2021). Metode Pendidikan Islam dalam Kitab Adabul ’Alim Wal Muta’Allim Karya KH. Hasyim Asy’ari. IAIN KUDUS.

Novita Arci. (2019). Implementasi Pendidikan Agama Untuk Lansia Di Panti Sosial Tresna Wherda Provinsi Bengkulu. Institute Agama Islam Negeri Bengkulu.

Putri Risthantri, A. S. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPS, 2 No. 2, 191–202.

Sentosa, S. (2021). Pemikiran Muhammad Athiya Al-Abrasyi Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Modern. Unversitas Islam Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia.

Syaiful Bahri. (2021). Pembinaan Keagaman Pondok Pesantren (Yaqin Husnul (ed.)). Penerbit Lafadz Jaya.

Tri Andiyanto. (2018). Konsep Pendidikan Pranatal, Postnatal, dan Pendidikan Sepanjang Hayat. 4(Juli-Desember), 195–204.

Tuasikal, Muhamad Abduh, Ms. (2014). Shalat adalah Tiang Agama. Rumaysho.Com.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Affandi, E. R., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP KETAATAN BERAGAMA MENDIRIKAN IBADAH SALAT PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH PUSAT PELAYANAN SOSIAL GRIYA LANSIA PROVINSI JAWA BARAT. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 1–12. https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7088

Citation Check