Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SD

Authors

  • Arif Permana STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Unang Wahidin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Hasil penelitian ini adalah (1) Kondisi prestasi belajar anak sebagian besar nilainya di atas KKM (2) Upaya orang tua; orang tua memberi motivasi terhadap anaknya, menjalin komunikasi yang baik dengan anak, memenuhi semua kebutuan belajar anak, menemani anak ketika sedang belajar di rumah, memberikan asupan makanan yang baik, memberikan pujian dan hadiah (3) Faktor-faktor pendukung; orang tua dan guru harus menjalin hubungan yang baik, mempunyai pemahaman Agama yang cukup, tinggal di lingkungan yang baik, meluangkan waktu untuk menemani anaknya belajar, penghasilan yang cukup, cita-cita yang besar untuk anaknya (4) Faktor-faktor penghambat; kurangnya komunikasi dengan guru, kurangnya pemahaman Agama orang tua, tinggal di lingkungan yang kurang baik, tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menemani anaknya belajar, penghasilan yang pas-pasan, kurangnya cita-cita dari orang tua untuk anaknya (5) Solusi; menjalin hubungan yang baik dengan guru, selain belajar di lembaga formal, juga memasukkan anaknya  ke lembaga non formal, membatasi anak dalam bermain, menganjurkan anaknya membuat kelompok belajar di rumah, menganjurkan anaknya menabung, memiliki keinginan yang besar untuk masa depan anaknya

References

Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK. Jurnal Ilmiah Visi 10.1.

Handayani M. (2017). Pencegahan kasus kekerasan seksual pada anak melalui komunikasi antarpribadi orang tua dan anak. Jurnal Ilmiah Visi 12.1.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 3.3.

Maryati, S. (2013) Pengaruh Komunikasi Terbuka Orang Tua dengan Anak Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas V SDN Tambakaji 04 Ngaliyan Semarang. Thesis. IAIN Walisongo.

Rahayu, W. P. (2012). Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Anak, Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP). 18.1.

Roesli, M., Syafi'i, A., & Amalia, A. (2018). Kajian Islam tentang Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(2).

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1.1.

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).

Internet

http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/pengertian-upaya.html. (diakses pada hari Rabu tanggal 18 Desember Tahun 2019 pukul 09:46 WIB).

https://www.infodokterku.com/index.php/en/96-daftar-isi-content/info-kesehatan/helath-programs/263-batasan-usia-anak-dan-pembagian-kelompok-umur-anak. (diakses pada hari Sabtu tanggal 14 Desember Tahun 2019 pukul 22:18 WIB).

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Permana, A., Wahidin, U., & Sarifudin, A. (2022). Upaya Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SD. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(2), 307–316. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2992

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>