Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smait Ummul Quro Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Naufal Ilyas Fauzan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Naji Bulloh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Kurikulum, Kualitas Lulusan.

Abstract

Kunci sukses maupun gagalnya sebuah pendidikan terletak pada Kurikulum yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan. Apabila komponen pendidikan seperti landasan, tujuan, kurikulum, kompetensi dan profesionalitas guru, sarana dan prasarana pembelajaran, dan unsur lainnya dikelola tanpa perencanaan yang matang, maka lulusan tidak akan memiliki kualitas yang memuaskan. Pengelolaan yang baik sangat diperlukan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Khususnya di bidang kurikulum yang akan diajarkan kepada peserta didik. Peneliti melakukan penelitian Di SMAIT Ummul Quro Kota Bogor dengan metode kualitatif, yang bertujuan untuk menemukan solusi dari masalah dunia pendidikan terutama dibidang kurikulum. Adapun observasi, wawancara, dan studi dokumentasi adalah metode yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1). Manajemen kurikulum yang diterapkan SMAIT Ummul Quro Bogor menggunakan penggabungan antara kurikulum 2013 dan juga muatan lokal serta adanya program-program tambahan, (2). Kualitas lulusan yang terdiri dari kualitas dibidang akademik maupun non akademik, (3). Problem dalam menerapkan manajemen kurikulum, (4). Solusi dalam mengatasi problem manajemen kurikulum, (5). Implementasi kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan, (6). Evaluasi dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan.

References

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). Cetakan Pertama. CV Jejak (Jejak Publisher). Sukabumi https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ .

Hardani, Hikmatul, A. N., Ardiani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Cetakan Pertama. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Dr. H. Salim, M. P. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Penerbit KENCANA (Divisi dari PRENADAMEDIA Group). Jakarta. https://books.google.co.id/books?id=2fq1DwAAQBAJ.

Ginanjar, M. H. (2016). Tantangan Dan Peluang Lembaga Pendidikan Islam Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam, 3(2): 107–124. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.14

Hartati, T., & Supriyoko, S. (2020). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Terpadu. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 3(2): 197-207.

Pratiwi, I., Ginanjar, M. H., Sarifudin. (2019). Manajemen Kurikulum Iman Di Kuttab Al Fatih Bogor. ProsA MPI: Prosiding Al Hidayah Manajemen Pendidikan Islam. 1(1)

Lubis, A. Y. (2015). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pada Sma Negeri 1 Buengcala Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 3(1): 13–33.

Mahrus Darmawan. (2021). Implementasi Peraturan Sekolah Melalui Kegiatan Keagamaan di Smk At-Taufiqiyah Bluto Sumenep [Iain Madura]. http://etheses.iainmadura.ac.id/1430/

Marlisa, M. Hidayat Ganjar, M. P. (2018). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Majelis Taklim Darul Qur’an Sukamantri Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1): 168–177. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ppai/article/view/333

Mesiono, & Aziz, M. (2020). Manajemen dalam Pesfektif Ayat-Ayat Al-Qur’an (Buku Kajian Berbasis Penelitian). Cetakan Pertama. Perdana Publishing. Medan.

Muwahid, S., & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam. Edisi Pertama. Cetakan pertama. Penerbit Teras. Yogyakarta.

Muzakar, M. (2014). Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Meureubo. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 14(1): 110. https://doi.org/10.22373/jiif.v14i1.83

Oktiani, I. (2019). Peningkatan Kualitas Lulusan Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/6002/.

Syarifuddin & Amirudin. (2017). Manajemen Kurikulum. Cetakan Pertama. Penerbit Perdana Publishing. Medan.

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Fauzan, N. I., Ginanjar, M. H., Heriyansyah, H., & Bulloh, M. N. (2023). Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Lulusan Di Smait Ummul Quro Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor Tahun Ajaran 2021/2022. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02). Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4735

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>