Strategi Manajemen Pengembangan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMPIT Ummul Quro Bogor
Keywords:
Manajemen, Pengembangan, Sarana Dan Prasarana, Kualitas, PendidikanAbstract
Sarana dan prasarana merupakan bagian terpenting di dalam lembaga pendidikan terutama dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Keberhasilan suatu lembaga pendidikan itu karena tersedianya sarana dan prasarana yang memadai. Maka perlu adanya pengembangan sarana dan prasarana untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMPIT Ummul Quro Bogor dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) memiliki manajemen pengembangan yang baik dan telah memenuhi standar nasional; (2) terdapat strategi dengan tahapan perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemeliharaan, penyimpanan, dan penghapusan; (3) kualitas pendidikannya sesuai dengan Depdikbud; (4) terdapat faktor pendukung dari dana BOS, uang SPP siswa, dan hadiah dari orang tua siswa; (5) faktor penghambatnya panjangnya prosedur, keterlambatan dana, tidak ada barang cadangan, dan kurangnya pemeliharaan; (6) solusinya adalah dengan mengadakan rapat unit setiap tahunnya, dan melakukan survei terlebih dahulu dalam pengadaan barang.
References
Ginanjar, M. H., M. Assurur., U. Wahidin., dan M. Priyatna. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Karawang Jawa Barat. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 207.
Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak (Human Resource Development in Improving The Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak). Jurnal Office, 3(1), 43–50.
Kurniawati, P. I., dan Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Smk N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108.
Nurmaidah. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Al-Kautsar, 6(1), 29–50.
Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 417–434.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92.
Syukur, M. (2018). Pengembangan Profesionalisme Pendidik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 167–184.
Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru Dan Solusinya Bagi Kualitas Pendidikan.
Nikasari, D. (2019). Strategi Pengelolaan Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Skripsi. Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Tamrin, M. (2021). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Ta’alumussibyan Sitanggal Kabupaten Brebes. Tesis. Program S2 Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 87. Jakarta.
Aedi, N. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Anwar, M. (2020). Manajemen Strategik Daya Saing dan Globalisasi. Banyumas: Sasanti Institute.
Aswan. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis PAIKEM Edisi Revisi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Fuad, N., dan Matin. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Hadis, A., dan Nurhayati, B. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Indrawan, I. (2015). Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.
Johar, R., dan Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Deepublish.
Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Munir, M., dan I, Wahyu. (2021). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.
Rahmat, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Sapardan, E., M. H. Ginanjar., dan Heriyansyah. (2021). Strategi Kepala Madrasah Ummul Quro Al-Islami dalam Meningkatkan Citra Madrasah Di Masyarakat. Cendikia Muda
Syahril. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Padang: Sukabina Press.