Manajemen Sarana dan Pemeliharaan dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Jamaah Masjid
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sarana dan pemeliharaan masjid dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada jamaah, ditinjau dari (1) Mengetahuisarana dan prasarana yang dimiliki (2) Untuk mengetahui program kerja DKM (3) Untuk mengetahui peran DKM dalam pemeliharaan sarana masjid (4) Faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pemeliharaan Sarana dan prasarana (5) Solusi DKM dalam mengatasi kendala pemeliharaan sarana dan prasarana. Penelitian ini dilakukan di Masjid Raya Taman Yasmin Bogor Jl Cimanggu Raya RW.09 Kelurahan Cilendek Timur Bogor Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/studi lapangan dengan pengumpulan data melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sarana dan pemeliharaan di Masjid Raya Taman Yasmin Bogor dari tahun ketahun menunjukan perkembangan diantaranya:(1)Sarana masjid sudah lengkap dan sudah memenuhi standar. (2) Peran DKM dalam pemeliharaan sarana masjid cukup baik. (3) Pemeliharaan sarana masjid sudah baik teratur dan menjadi prioritas pertama. (4) kendala dalam pemeliharaan sarana masjid adalah pengurus sebagian kurang aktif, dan sebagian sibuk dengan kerja pribadinya. (5) solusi DKM dalam mengatasi kendala yakni musyawarah, keterbukaan dan kerjasama. Dapat disimpulkan Sarana dan prasarana masjid sudah cukup baik, terorganisir, rapih dan jamaah merasa nyaman.
References
Sumber dari Jurnal
Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01).
Rahayu, S. M., & Sutama, S. (2016). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Varidika, 27(2), 123-129.
Anjassari, R., & Suib, M. Pengelolaan Sarana Dan Prasaran Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Di Sd-It. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1).
Nasrudin dan Maryadi. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 13 Nomer 1. Januari 2018.
Rina Anjassari. dkk. 2019. Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik di SD-IT, 1(02).
Sumber Dari Buku
Muri, Y. (2014). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta.
Sugiyoo. 2014 Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D Bandung, alfabeta.
Gazalba. 2017. Pusat ibadat dan Kebudayaan Isalam. Jakarta. Pustaka.
Sufaat Mansur. 2011. Manajemen Masjid. Bantul. AK Group.
Bachrun Rifa’i, dan Moch Fakhruroji 2010. Mengoptimalkan Fungsi Sosial Ekonomi Masjid, Bandung: Benang Merah Press.
Suherman, Eman. 2012. Manajemen Masjid. Bandung. Alfabeta cv.
Mansur, Sufaat. 2011. Manajemen Masjid. Bantul. AK Group.
Mustari, Muhammad. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Firmansyah, M. Anang. 2018. Pengantar Manajemen. yogyakarta Deepublish Cv BudiUtama.
Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen sarana dan prasarana sekolah. Yogyakarta. Deepublis. Juli.
Mattin dan Nurhattati, 2011. Manajemen Sarana dan Prasarana.
Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D Bandung Alfabeta.
Komariah, Aam dan Satori, Djam’an. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Alfabeta
Dari Karya Ilmiah
Ro’fatunnaihi. (2019). “Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pada Sekolah Dasar Islam terpadu Kaifa Ciomas Bogorâ€, STAI Al Hidayah Bogor.
MiftakhulJannah.2010.â€Optimalisasi Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam MeningkatkanMutuPembelajaranâ€.Semarang. Fakultas Tarbiah Istitut Agama Islam Negeri Walisongo.