MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MULTIMEDIA DI SMK INFORMATIKA BINA GENERASI 3 BOGOR

Muhammad Sapari, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada beberapa permasalahan penting yang berkaitan dengan manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran multimedia, mulai dari tujuan, strategi, perencanaan, organisasi, implementasi dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini adalah salah satu penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya  adalah peneliti sebagai instrumen kunci. Analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil pada penelitian ini menunjukan antaralain: (1) tujuan kurikulum untuk menjadikan lulusan yang kompeten pada bidang multimedia sesuai dengan tuntutan dunia kerja baik desain grafis, fotografi atau pengolahan video, (2) strategi kurikulum melalui proyek based learning, memantapkan skill, terus berusaha mengadakan fasilitas yang dapat menunjang kompetensi siswa, mengikuti perlombaan dan pelatihan untuk guru produktif, (3) perencanaan kurikulum sudah terencana mulai dari tim pengembang kurikulum sampai eksekutor, (4) organisasi kurikulum mulai dari penanggung jawab, pembuatan program, sistem pembelajaran, (5) implementasi kurikulum sesuai dengan yang diformulasikan, dan (6) evaluasi kurikulum melalui supervisi guru dan penilaian siswa.


Keywords


Manajemen, Kurikulum, Pembelajaran, Multimedia

Full Text:

PDF

References


Arief, Mohamad, dan Rusman. (2019). Manajemen Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Negeri Ujung Menteng 01 Pagi Jakarta. Jurnal penelitian ilmu pendidikan 12 (1): 38-54.

Asrori, Mohammad. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah 6 (2): 26.

Asy’ari, Ari, dan Tasman Hamami. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3: 19-34.

Badrudin, Arief Rachman, dkk. (2020). “The Effectiveness of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic At Private School in Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9 (02): 480.

Bahri, Syamsul. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura 11 (1): 15.

Erwinsyah, Alfian. (2017). Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (1): 69-84.

Fathurrochman, Irwan. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 1 (1): 85.

Ginanjar, M Hidayat, dan Nia Kurniawati. (2017). Pembelajaran akidah akhlak dan korelasinya dengan peningkatan akhlak al-karimah peserta didik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Shoutul Mimbar Al-Islami Tenjolaya Bogor). Jurnal Edukasi Islami 06 (12): 104-105.

Guritno. (2016). Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter 1 (1): 28-33.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran; Konsep Dan Manajemen. Yogyakarta: UNY Press.

Khoirunnisaa’. (2019). Manajemen Kurikulum Madrasah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. An-Nuha 6 (1): 71-83.

Lazwardi, Dedi. (2017). Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7: 99-112.

Magdalena, Ina, dkk. (2020). “Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar Di SD Negeri Bencongan 1.” PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (1): 87-98.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, CV.

Namiroh, Siti, M. Syarif Sumantri, and Robinson Situmorang. (2018). Peran Multimedia Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, : 352-357.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, : 1-49.

Rahman, Arief Aulia, dan Cut Eva Nasryah. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sayuti, Ahmad. (2021). Strategi Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal AL FATIH 1 (1): 53-59.

Shidiq, Umar, dan Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sintasari, Beny, dan Nuzulul Fitria. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Madrasah Di MTs Bahrul Ulum Gadingmangu Perak Jombang. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 10 (2): 203-227.

Sista, Taufik Rizki. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam 1 (1).

Sugiana, Aset. (2018). Proses Pengembangan Organisasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendagogik 05 (02): 257-273.

Yuhasnil, dan Silvia Anggreni. (2020). Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. ALIGNMENT: Journal Of Administration and Educational Management 3 (2): 214-221.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Sapari, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats