Strategi Kepala Madrasah Ummul Quro Al-Islami dalam Meningkatkan Citra Madrasah Di Masyarakat

Erwan Sapardan, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui citra MTs Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang. Sub fokus yang akan diteliti iaalah; (1) Persepsi Masyarakat terhadap MTs UQI Leuwiliang  (2) Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan citra positif dari masyarakat terhadap MTs UQI Leuwiliang (3) Faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan Kepala MTs UQI dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat (4) Faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi Kepala Madrasah dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat (5) Serta solusi terhadap faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan citra di Masyarakat dan strategi yang dirancang oleh Kepala MTs UQI dalam meningkatkan citra positif di Masyarakat.  Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif studi kasus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, berdasarkan hasil observasi peneliti bahwa, Masyarakat mempunyai persepsi positif terhadap MTs UQI. Kedua¸ dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti bahwa, Kepala MTs mempunyai upaya untuk meningkatkan citra positif lembaganya. Ketiga, Terdapat faktor penghambat dalam upaya meningkatkan citra positif di Masyarakat. Keempat, Terdapat faktor pendukung dalam upaya meningkatkan citra positif di Masyarakat. Kelima, Terdapat solusi dari kepala Madrasah dalam mengatasi masalah terkait citra positif MTs UQI di Masyarakat Bogor.


Keywords


Strategi; Kepala madrasah; Citra; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Annur, S., & Audina, U. (2020). Peran Humas Dalam Membangun Citra Sekolah Berbudaya Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang (Studi kasus terhadap peran humas dalam membangun citra di MAN 1 Palembang). Nuansa, 12(2).

Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat. Jurnal Hukum Islam, 12(1).

Ginanjar, M.H., & Marfuah As-Surur. (2018) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 3 Karawang Jawa Barat. Islamic managemen, 1(2).

Ginanjar, M.H. (2020) Metodologi Penelitian Kualitatif . Al-Hidayah Press: Bogor.

Hasibuan Malayu S.P (2016). Manajemen (Dasar, Pengertian, Dan Masalah). PT Bumi Aksara: Jakarta.

Herlina, S. (2015). Strategi komunikasi humas dalam membentuk citra pemerintahan di kota malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu POlitik, 4(3).

Heriyansyah, Ginanjar, M.H., & Fina Mujahidah. (2020) Implementasi Manajemen Keuangan Dalam Menunjangefektifitas Kegiatan Di Yayasan Az-Zikra Sentul Bogor. Islamic managemen, 3(2).

Hery (2018). Manajemen Strategik. Jakarta: PT. Grasindo.

Hanun, F. (2016). Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan di MTsN 2 Bandar Lampung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 14(3).

Hadari Nawawi H. (2012). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilutrasi Di Bidang Pendidikan. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Khadijah, S. (2012). Strategi Publik Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Membangun Hubungan Baik Dengan Media Dalam Upaya Meningkatkan Citra Perusahaan). Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya, 2(2).

Khasanah, P. R. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Negeri 2 Kota Blitar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Tulungagung: Tulungasgung.

Musihat & Ginanjar, M.H., (2019) Pengelolaan Sumber Daya Manusia Di Smphasmi Islamic Boarding Schooltamansari Bogor. Islamic managemen, 2(1).

Mustafa, N. R. (2017). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Mukin, R. J. (2014). TA: Perancangan Media Promosi Produk UKM Tanggulangin Mch. Choiri Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Produk (Doctoral dissertation, STIKOM Surabaya).

Ruslan Rosady (2017) Manajemen Public Relations dan media komunikasi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Solihin Ismail (2012) Manajemen Strategik. Erlangga: Jakarta.

Wiranata, D. A. (2017). Citra Jurnalis Dikalangan Mahasiswa Tentang Idealisme Jurnalistik Dan Pragmatisme Politik (Studi pada Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2013 Universitas Muhammadiyah Malang) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Yulia Andriani., Ginanjar M.H., Muslim., & Heriyansyah. (2019) Implementasi Rencana Kerja Perkantorandi Yayasan Az-Zikrasentul Bogor. Islamic managemen, 2(2).

Zulfikar, A., Sultan, M. I., & Kahar, K. (2018). Peran humas dalam meningkatkan citra rumah sakit DR Wahidin Sudirohusodo sebagai rumah sakit berstandar internasional. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1),


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erwan Sapardan, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats