Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 1 Tamansari Bogor

Authors

  • Muhammad Akvin Syarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

strategi, kepala sekolah, nilai-nilai

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tamansari Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan, dan guru-guru Pendidikan Agama Islam. Adapun fokus maslah penelitian ini yaitu tentang strategi kepala sekolah dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman Di Sekolah Menengah Pertama (SMP)  Negeri 1 Tamansari Bogor. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut : (1) Nilai-nilai Keislaman peserta didik di SMP Negeri 1 Tamansari Bogor cukup baik. (2) Strategi  yang dilakukan Kepala Sekolah bervariasi dan inovatif. (3) Adanya faktor pendukung dari warga sekolah, orang tua, sarana dan prasarana. (4) Adanya faktor penghammbat dari kesadaran belajar siswa, latar belakang siswa, kurangnya perhatian orang tua dan minimnya jumlah guru. (5) Solusi yang dilakukan kepala sekolah yang tepat.

References

Amanahtuzuriah - Abas Yusuf - Indri Astuti. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kompetensi Guru Di SDN 035 Tembilahan. Jurnal Al Afkar, 5(1).

Amri, S. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Klaten.

Ferdy Prayitno dkk. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Negeri 2 Dramaga Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosa PAI : Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Fikri, M. H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Di Sma Negeri 2 Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2).

Ginanjar, M. H. (2018). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid. Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(01).

Ginanjar, M. H. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dokumentasi. (2020). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/dokumentasi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/observasi. (2020). https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/observasi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wawancara. (2020).

M. Ismail Yusanto Dkk. (2011). Menggagas Pendidikan Islami. Al Azhar Press.

Mulya Prakarsa. (2019). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Agama Di Sekolah SMP Muhammadiyah 8 Medan.

Muzakkir. (2016). Peranan Nilai-Nilai Dasar Keagamaan Terhadap Pembinaan Karakter Peserta Didik Di SMK Negeri 2 Kota Parepare. Jurnal Studi Pendidikan, 14(12).

Novia Safitri – Cahniyo Wijaya Kusanto – Yosep Asapt Alamsyah. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. JECE(Journal of Early Childhood Education) :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 01(02).

Purba, E.-A. Y.-I. A. (2013). Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 02(12).

Rahendra Maya - Iko Lesmana. (2018). Pemikiran Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag. Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Islamic Management : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 01(02).

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi : Jurnal Evaluasi, 02(01).

Sandi Pratama - Arifudin Siraj - Muh. Yusuf. (2019). Pengaruh Budaya Religius dan Self Regulated Terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Edukasi Islam.

Setyaningsih, K. (2019). Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01).

Shobirin, M. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah Menengah Kejuruan Unggulan Nurul Islam Larangan Brebes. OASIS (Objective And Accurate Sources of Islamic Studies): Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 01(01).

Shoffan Banany - Rahendra Maya - Ali Maulida. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII-3 Di Mts Darul Ihya Ciomas Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Sri Banun - Yusrizal - Nasir Usman. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 04(01).

Tanjung, H. B. (2020). Manajemen Strategi Pengembangan Pendidikan Dan Dakwah Untuk Generasi Milenial. Islamic Education : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(02).

Ummu Kulsum – Rahendra Maya - Indri Sarifudin. (2019). Penguatan Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Karakter Religius Pada Madrasah Aliyah Terpadu (MAT) Darul Fallah Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosa MPI : Prosiding Al Hidayah Manajemen Pendidikan Islam.

Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islami, 05(09).

Downloads

Published

2021-06-27

How to Cite

Syarifudin, M. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 1 Tamansari Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(01), 105–120. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/1438

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>