Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Akhlak dan Prestasi Akademik Siswa di SMA Negeri 1 Petir
Keywords:
Manajemen Peserta Didik, Meningkatkan Akhlak dan Prestasi Akademik Siswa.Abstract
Analisa ini bermaksud mengetahui manajemen peserta didik dalam meningkatkan akhlak dan prestasi akademik siswa di SMA Negeri 1 Petir. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu untuk mengetahui bagaimana manajemen peserta didik dalam meningkatkan akhlak dan prestasi akademik siswa di SMA Negeri 1 Petir. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian diantaranya adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru dan peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu: (1) manajemen peserta didik yang di lakukan sekolah SMA Negeri 1 Petir dalam meningkatkan akhlak dan prestasi akademik siswa sudah terealisasikan dengan baik; (2) Upaya yang dilakukan oleh pendidik dalam meningkatkan akhlak dan prestasi akademik siswa yaitu dengan memberikan metode khusus; (3) Kendala untuk meningkatkan akhlak dan prestasi akademik siswa antara lain, kurangnya peran orangtua dalam pendidikan siswa dan minat peserta didik dalam belajar masih rendah.
References
Abdurahman, Muhamad. (2016). Akhlak. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
Asmara. (2009). Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.
Burhanudin Afid. (2013). Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. http://afidburhanudin.wordpress.com.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: PT Usaha Nasional.
Erdiyanti. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Kendari: CV. Shadra Kendari.
Erna, Pawita. (2015). Pendidikan Khusus Perempuan antara Kesetaraan Gender dan Islam. Bogor. Tsawafah.
Fathurohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.
Hidayat, Rahmat dan Candra Wijaya. (2017). Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.
Imam Syafe’i. (2013). Pendidikan Agama Islam Berbasis Perguruan Tinggi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Imron, Ali. (2014). Manajemen peserta didik berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Kurniawan, Aris. (2015). Pengertian prestasi menurut para ahli beserta macamnya. Dalam www.gurupendidikan.co.id/pengertian-prestasi-menurut-para-ahli-beserta-macamnya.
M, Amirin Tatang. (2010). Skala Likert: Penggunaan dan Analisis Datanya. dari Universitas Negeri Yogyakarta.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
N, Hamiyah. dan M. Jauhar. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Nata, Abuddin. (2017). Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
P. Joko Subagyo. (2011). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhaharah. UIN Antasari Banjarmasin.
Semiawan, Conny R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT Grasindo.
Slameto. (2011). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi. (2017). Manajemen Peserta Didik, Yogyakarta: Gava Media.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.