PERAN MANAJEMEN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI BIMBINGAN BELAJAR (biMBA) AIUEO SEMPLAK BOGOR

Authors

  • Dendi Rusmana STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muslim Muslim STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Peran, Manajemen, Minat, Baca

Abstract

Peran manajemen pendidik sangat penting dalam meningkatkan minat baca di biMBA AIUEO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen pendidik dalam meningkatkan minat baca di biMBA AIUEO Semplak Bogor dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Sedangkan hasil penelitian ini adalah (1) peran manajemen pendidik dalam meningkatkan minat baca di bimbingan minat baca anak AIUEO Semplak Bogor adalah: mengatur pengelolaan pembelajaran, kurikulum, SDM, dan administrasi. (2) Faktor Pendukung: (a) fun learning, b) small step system, dan (c) individual system. (3) Faktor Penghambat: (a) sistem pendidikan sekolah yang kurang maksimal , (b) banyaknya permainan dan hiburan. (4) Solusi: (a) menjlain komunikasi yang baik dengan anak dan (b) sering mengajak anak berkarya

References

Cumbria. (2015). Dinas Pendidikan Yogyakarta: Media Padi.Sentosa, Sembiring. (2010). Sistem Pendidikan nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuansa Aulia.

Idris, Meity.H. (2015). Starategi Pembelajaran yang Meneyenangkan. Jakarta: Metro Media.

Jalius, Elin Novianti, Syafruddin Wahid. 2018. Gambaran Kinerja Pendidik di bimbingan Minat Baca dan Belajar (biMBA) Aiueo Kota Padang: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS).

Andriani, Yulia, Rahendra Maya, dan Sarifudin. (2019). Implementasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Tk Tahfidzul Qur’an Nurul Iman Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019: Prosiding Alhidayah Manajemen Pendidikan Islam. Vol 1. No 1.

Ramayulis. (2015). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia.h.

Https://Kbbi.Web.Id/Peran. Diakses Pada Tanggal 28 Desember 2020. pada Pukul 05.10 WIB.

Maimonawati, Seti dan Muhammad Ali. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode Pembelajaran, dan Media: Strategi Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Covid-19. Serang: Penerbit 3M Media Karya Serang.

B, Maryatun, I. (2016). Peran pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak.

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area.

Hidayat, Dudung Rahmat. (2013).Ilmu dan Aplikasi Pendidikan.Jakarta PT.Impreral bhakti utama.

Lijan, P.S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manzur, I. (2010). Lisan Al ’Arab. Beirut: Dar Shadir.

Helmawati. (2015). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Tery, George R. (2011). Asas Manajemen. Terj. Winardi. Bandung: PT. Alumni.

H.B. Siswanto. (2011). Pengantar Manajamen. Jakarta: Bumi Aksara.

H. Ramayus 2015 Dasar dasar Kepemimpinan. Jakarta: Kalam Mulia.

Muhaimin 2005 Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam diSekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Hidayanto, Dwi Nugroho. (2017). Mengenal Manusia dan Pendidikan. Yogyakarta: Liberty.

Maba, Ghofron. (2012). Kamus terlengkap Bahasa inggris Surabaya: Terbit terang.

Ramayulis. (2012). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Hamid, Abd. (2020). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal: penelitian sosial dan keagamaan 01/ (10).

Novi. kepala unit bimbingan minat baca anak (biMBA) AIUEO Semplak Bogor (hasil wawancara pada tanggal 20 desember 2020) jam 14: 30 WIB

Muhamad Mustari (2014) Manajemen Pendidikan Depok: Persada

Husain Umar (2015) Pengertian Manajemen SDM Sleman: Budi Utama

Novi. kepala unit bimbingan minat baca anak (biMBA) AIUEO Semplak Bogor (hasil wawancara pada tanggal 10 pebuari 021) jam 14: 30 WIB

Novi. kepala unit bimbingan minat baca anak (biMBA) AIUEO Semplak Bogor (hasil wawancara pada tanggal 20 Maret 2021) jam 14: 30 WIB

Desy kepala Mitra bimbingan minat baca anak (biMBA) AIUEO Semplak Bogor (hasil wawancara pada tanggal 12 febuari 2021) jam 14: 00 WIB.

Published

2024-07-01

How to Cite

Rusmana, D., Sarifudin, S., & Muslim, M. (2024). PERAN MANAJEMEN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA DI BIMBINGAN BELAJAR (biMBA) AIUEO SEMPLAK BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 51–60. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7117

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>