PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI MAS AL-HANIF CIKONDANG KABUPATEN CIANJUR TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Devi Aditmara Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/cendikia.v1i02.2199

Keywords:

peran, kepala sekolah, motivasi, kualitas, mengajar

Abstract

Seorang pemimpin dalam suatu lembaga hendaknya mampu mengentadikan, mempengaruhi, dan mendorong bawahannya dalam menjalankan tugasnya dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi dan Kualitas Mengajar Guru di MAS Al-Hanif Cianjur. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun hasil penelitian adalah (1) Peran kepala sekolah, yaitu: memberikan contoh yang baik kepada para guru dan peserta didik. upaya-upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah Memberikan Motivasi, Memebrikan kenyamanan kepada para guru atau karyawan, Memberikan rewerd dan Funishment; Memberikan Pembinaan. (2) Faktor-faktor pendukung, yaitu: kemampuan dasar kepala sekolah yang mencontohkan dalam hal baik, merangkul dengan menanamkan keikhlasan. (3) Faktor-faktor penghambat, yaitu: memahami kepribadian masing-masing guru, minimnya pengetahuan teknologi, dan fasilitas yang seadanya, keuangan, dan masih banyak guru yang belum mengikuti MGMP, BIMTEK. (4) Solusi yang dilakukan, yaitu: kepala sekolah melakukan komunikasi Yang baik, mencari informasi pelatihan, meningkatkan kerja sama, kepala sekolah Mengikutsertakan guru jika ada pelatihan, terkait keuangan kepala sekolah membuat ajuan kepada yayasan untuk peningkatan sarana-prasarana yang ada di sekolah. (5). Kepala sekolah sudah cukup berhasil untuk meningkatkan motivasi dan kualitas mengajar guru, dengan memberikan motivasi dan pembinaan terhadap guru-guru yang ada di sekolah

References

Ahmad, Syarwani dan Zahruddin Hodsay. (2020). Profesi Kependidikan Dan Keguruan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Alim, Muhammad Syaikhul. (2010). Pengaruh Kualifikasi Pendidikan, Keikutsertaan Diklat Dan Sikap Pada Profesi Terhadap Kopetensi Guru PAI SD Di Kabupaten Pekalongan. Thesis. IAIN Walisongo.

Asti, Aslini Aidar. (2017). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu.Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Dayana, Indri dan Juliaster Marbun. (2018). Motivasi Kehidupan. Gue Pedia.

Engkoswara. (2015). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Fahmi, Ahmad Zainuri Fadjri. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SDN Pakamban Laok Pragaan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Kusumawati Naniek dan Endang Sri Maruti. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV AE Media Grafika.

Rahayu, Asih. (2014). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Pengoptimalkan Kinerja Guru dan Karyawan di SMK Yayasan Pendidikan Ekonomi (YPE) Cilacap.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Kabupaten Takalar: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Safitri Dewi. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri.

Syarifuddin & Asrul. (2013). Kepemimpinan Kependidikan Kontemporer. Bandung: Ciptapustaka media.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Aditmara, D., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI MAS AL-HANIF CIKONDANG KABUPATEN CIANJUR TAHUN AJARAN 2020/2021. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 399–412. https://doi.org/10.30868/cendikia.v1i02.2199

Citation Check