STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MASA PENDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR

Authors

  • Devi Mulyana Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Strategi, Manajemen Pemasaran, Peningkatan, Jumlah Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (1) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor (2) untuk mengetahui faktor-faktor penghanbat (3) untuk mengetahui solusi mengatasi faktor-faktor penghambat. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kota Bogor yang beralamat di Jalan Pahlawan Gang Raden Saleh No.55, Empang, Kec.Kota Bogor Selatan, Kota Bogor Prov. Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diantaranya: (1) strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa, bahwa pihak sekolah menggunakan strategi pemasaran dengan melibatkan nama besar organisai Muhammadiyah sebagai sebuah umpan dalam menarik minat masyarakat luas terhadap SMP Muhammadiyah Kota Bogor. (2) untuk mengetahui peningkatan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, pihak sekolah kesulitan dalam meningkatkan jumlah peserta didik karena sulitnya melakukan pemasaran di dalam keadaan pandemic saat ini. (3) faktor penghambat, yaitu pihak sekolah tidak dapat langsung menjangkau sekolah-sekolah yang masih dalam keadaan zona merah dikarenakan terhalang oleh adanya aturan PSBB. (4) solusinya yaitu, pihak sekolah akan melakukan perbaikan dari segi strategi pemasaran ataupun pelayanan serta lebih meningkatkan lagi kualitas pendidikan serta keunggulan yang di miliki sekolah SMP Muhammadiyah Kota Bogor dan akan terus menggali potensi pserta didik dan guru memulai prestasi akademik mapun non akademik. Dapat disimpulkan strategi manajemen pemasaran pendidikan di masa pandemic covid-19 dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Kota Bogor, sudah masksimal

References

, U.-U. N. (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Faizin. (2017). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, 262.

Freddy, R. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis Reotientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Imron. (2013). Manajemen Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19.

J.Stanton, W. (2010). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Klotler. (2012). Marketing Management 12th Edition. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

M.Manulang. (2010). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta.

Margano, S. (2010). Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Matja, W. (2012). Manajemen Pendidikan Dan Supervisi Pengajaran. Malang: Wineka Media.

Minarti, S. (2012). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mudir, A. (2016). Strategi Pemasaran Madrasah.

Nasution, S. (1996). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Patmawati, S. M. (2021, Maret 25). Strategi Manajemenn Pemasaran Pendidika di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Jumlah Siswa. (D. M. Sari, Interviewer)

Pendidikan, T. A. (2010). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT Imtima.

Prasetya. (2012). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Purwanto, M. N. (2012). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Subarjo. (2014). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Perbankan. Jurnal Sosio-Humaniora, 204.

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syariah Life And General. Jakarta: Gema Insani.

Suryadi, P. (2011). Statistika; untuk Ekonomi Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Suryani. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Susanto, A. (2014). Manajemen Strategik Komperhensif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Wibowo. (2006). Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wijaya, D. (2016). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Sari, D. M., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2022). STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DI MASA PENDEMI COVID-19 DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KOTA BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 353–366. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2196

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.