Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor

Dede Saputra, Muhammad Sarbini, Ade Kohar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik secara umum di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (2) Untuk mengetahui Kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (4) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (5) Untuk  mengetahui solusi Terhadap Faktor Penghambat Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif lapangan dengan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pertama pelaksanaan manajemen peserta didik secara umum di SMK Karya Insani sudah baik; Kedua kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani terus mengalami perkembangan yang bagus; ketiga faktor-faktor pendukung kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Lingkungan sekolah yang baik, memberikan tata tertib kepada siswa, adanya pelatihan, dan penghargaan atau reward. Keempat faktor-faktor penghambat kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Adanya permasalahan dalam keluarga, penyalahgunaan gadget, kebiasaan dan perilaku peserta didik yang tidak sama. Kelima solusi terhadap faktor penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Menjalin komunikasi dengan orang tua dan siswa, melakukan pengawasan terhadap siswa, dan  memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa.


Keywords


Manajemen Peserta Didik; Kedisplinan; Prestasi

Full Text:

PDF

References


Wahidin, Unang. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).

Zakakalana, Hendra Adha, Supomo Kandar, dan Irawan Suntoro (2017). Manajemen Peserta Didik di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 5(1).

Nugroho, Alfian Handina dkk. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5(2).

BUKU

Anwar, Sudirman. (2015). Management of Student Development. Tembilahan: Yayasan Indragiri.

Firdianti, Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Gre Publishing.

Kristiawan, Muhammad dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Daulay, Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Hanafi, Halid. Dkk. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Imran, Ali. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Efendi, Jonaedi dan Ibrahim, Johny. (2016). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenadamedia Grouph.

Ruslan, dan Effendi, Moch.Mahfud. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Kementrian Agama RI. (2014). Mushaf Al-Wafi. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Mentari, Eca Gesang. dkk. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dede Saputra, Muhammad Sarbini, Ade Kohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats