Implementasi Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor
Keywords:
Manajemen Peserta Didik, Kedisplinan, PrestasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen peserta didik secara umum di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (2) Untuk mengetahui Kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (4) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. (5) Untuk  mengetahui solusi Terhadap Faktor Penghambat Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa dan Prestasi Sekolah di SMK Karya Insani Megamendung Bogor. Jenis Penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kualitatif lapangan dengan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pertama pelaksanaan manajemen peserta didik secara umum di SMK Karya Insani sudah baik; Kedua kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani terus mengalami perkembangan yang bagus; ketiga faktor-faktor pendukung kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Lingkungan sekolah yang baik, memberikan tata tertib kepada siswa, adanya pelatihan, dan penghargaan atau reward. Keempat faktor-faktor penghambat kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Adanya permasalahan dalam keluarga, penyalahgunaan gadget, kebiasaan dan perilaku peserta didik yang tidak sama. Kelima solusi terhadap faktor penghambat manajemen peserta didik dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan prestasi sekolah di SMK Karya Insani yaitu: Menjalin komunikasi dengan orang tua dan siswa, melakukan pengawasan terhadap siswa, dan memberikan hukuman atau sanksi kepada siswa.
References
Wahidin, Unang. (2013). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(03).
Zakakalana, Hendra Adha, Supomo Kandar, dan Irawan Suntoro (2017). Manajemen Peserta Didik di SMA Negeri Keberbakatan Olahraga Lampung. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 5(1).
Nugroho, Alfian Handina dkk. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5(2).
BUKU
Anwar, Sudirman. (2015). Management of Student Development. Tembilahan: Yayasan Indragiri.
Firdianti, Arinda. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Gre Publishing.
Kristiawan, Muhammad dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Daulay, Haidar Putra. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.
Hanafi, Halid. Dkk. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Imran, Ali. (2012). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Efendi, Jonaedi dan Ibrahim, Johny. (2016). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenadamedia Grouph.
Ruslan, dan Effendi, Moch.Mahfud. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Kementrian Agama RI. (2014). Mushaf Al-Wafi. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Mentari, Eca Gesang. dkk. (2020). Manajemen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hijaz Pustaka Mandiri.