Upaya Tim Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa Pada Era Digital 4.0 Di Smait Bina Bangsa Sejahtera

Authors

  • Muhamad Faisal Maulana Yusup STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Upaya, Kurikulum, Akademik

Abstract

Tim pengembang kurikulum memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan kompetensi akademik siswa. Sehingga penelitian bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang Upaya Tim Pengembangan Kurikulum dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa pada Era Digital 4.0 di SMAIT Bina Bangsa Sejahtera. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yang bersifat studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Pertama, Gambaran kurikulum yaitu, (1) menggunakan kurikulum darurat, (2) kurikulum efektif dan efisien; dan (3) membentuk tim pengembang kurikulum. Kedua, Gambaran kompetensi akademik siswa yaitu, (1) diarahkan dan didukung dalam minat belajar; (2) kompetensi siwa; dan (3) pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Ketiga, faktor penghambat tim pengembang kurikulum yaitu, (1) kurangnya dukungan orangtua siswa; (2) kurangnya kompetensi guru; dan (3) psikologis siswa. Keempat, faktor pendukung tim pengembang kurikulum yaitu, (1) mengikuti MGMP dan KKG; (2) mengikuti kegiatan workshop pembuatan media pembelajaran online; (3) dukungan kepala sekolah; dan (4) saran dan prasaran. Kelima, solusi mengatasi hambatan yaitu, (1) memberikan motivasi kepada siswa; (4) melakukan pendekatan psikologis kepada siswa; (2) memberikan pemahaman kepada orangtua siswa terkait kebijakan sekolah; dan (3) memberikan pembinaan kepada guru.

References

Abidin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda Karya.

Hamalik, Oemar. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. cet. Ketujuh.

Hamdi, Asep Saepul dan E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo.

Mustari, Mohamad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Patmonodewo, Soemiarti. (2010). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RdanD. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, Din. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zaini, Muhamad. (2012). Pengembangan Kurikulum. Yogjakarta: Diva Press. 

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.1(01).

Sarifudin. (2018). Manajemen Facebook dalam Proses Pembelajaran Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 1(1).

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Maulana Yusup, M. F., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2023). Upaya Tim Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa Pada Era Digital 4.0 Di Smait Bina Bangsa Sejahtera. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(02). Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4741

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>