PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA PENANGANAN MASALAH KEDISIPLINAN SALAT BERJAMAAH SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 DI SMA IT AL-MADINAH KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Qorik Maghfirah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Moch Yasyakur Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Peran, Kedisiplinan, salat jamaah

Abstract

Guru merupakan aktor penting dalam penanganan kedisiplinan salat berjamaah peserta didik di sekolah, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui sejauh mana penaganan guru pendidikan agama Islam pada penanganan kedisiplinan salat berjamaah peserta didiknya. Penelitian ini dilaksanakan disekolah SMA Islam Terpadu Al-Madinah Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor dengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Kondisi kedisiplinan salat berjamaah peserta didik kelas XI SMA IT Al-Madinah sudah sangat kondusif  dan tertib (2) Strategi yang dilakukan yaitu bekerjasama dengan guru-guru piket dan membentuk kelompok guru iman dan taqwa (IMTAQ) untuk mengawasi dan membimbing peserta didik (3) Faktor pendukung yaitu lokasi masjid yang berdekatan, banyaknya kegiatan ekstrakurikuler berkaitan dengan ibadah yang diselenggarakan oleh pihak sekolah, seperti kajian umum, praktek haji dan lain-lain (4) Faktor penghambat yaitu sekolah Islam Terpadu berbasis umum, kurangnya kesadaran dalam ibadah dan kondisi lingkungan di rumah (5) Solusinya yaitu memberikan hukuman yang mendidik berupa menulis follow the line dan menerapkan program home visi

References

Hamida, Siti Nur. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Prilaku Indisipliner Siswa SMK Negeri 4 Semarang. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Gustini, Neng. (2016). Bimbingan dan konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal, Jurusan Keguruan dan Ilmu tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Mustopa. (2015). Peran Takmir Mesjid Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat di Kelurahan Tiogosari Kulon Semarang. Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Semarang.

Sumber dari Buku

Tafsir, Ahmad. (2014). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasan., Abdillah. (2016). 200 Amal Saleh Berpahala Dahsyat. Jakarta: PT. Gramedia.

Rosyada, Dede. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru Dalam Arus Dinamika Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah. Depok : Kencana.

Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Usman, Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Teguh. (2015). Sempurnakan Salatmu. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Al-Asqalani, Ibnu Hajar. (2014). Fathul Baari, Terj. Amiruddin. Jakarta: Pustaka Azzam.

Ash-Shan’ani, Muhammad bin Ismail Al-Amir. (2013). Subulus Salam – Syarah Bulughul Maram. Jakarta: Darus Sunnah. Jilid 1.

Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad dan Hawwas, Abdul Wahab Sayyed. (2013). Fiqih Ibadah. Jakarta: Amzah.

Shahih Al-Bukhari (644) dan Muslim (651). Muhammad bin Ismail Al-Amir Ash-Shan’ani. (2013).

Kementerian Agama. (2015). Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah. Jakarta: Darus Sunnah.

Al-Mubarakfury, Syekh Shafiyyurahman. (2016). Syarah Bulughul Mahram. Surabaya: Pustaka eLBA.

Alu Su’ud, Nayef bin Mamduh. (2018). 175 Jalan Menuju Surga. Jakarta Timur: Pustaka Dhiya’ul Ilmi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Emzir. (2015). Metodelogi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Maghfirah, Q., Yasyakur, M., & Maulida, A. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PADA PENANGANAN MASALAH KEDISIPLINAN SALAT BERJAMAAH SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2020-2021 DI SMA IT AL-MADINAH KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 279–290. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2191

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>