STRATEGI MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI SMK AL-MA’SHUM MARDIYAH KECAMATAN CUGENANG KABUPATEN CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7091Keywords:
Strategi, Pemasaran, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma’shum Mardiyah Cianjur. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian yaitu: (1) Strategi manajemen pemasaran dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SMK Al-Ma'shum Mardiyah yaitu: Menentukan sekolah berbasis kejuruan, penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan, bekerjasama dengan sekolah tingkat SMP untuk merekomendasikan SMK Al-Ma’shum Mardiyah, publikasi sekolah dengan penyebaran brosur dan pemasangan spanduk, publikasi sekolah lewat media sosial, dan membekali siswa yang siap kerja. (2) Faktor pendukung: Sarana dan prasarana, serta faktor lingkungan dan tempat yang strategis. (3) Hambatan: Kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor keuangan lembaga. (4) Solusi mengatasi hambatan: Penyuluhan tentang makna penting pendidikan dan publikasi secara konsisten kepada masyarakat serta calon peserta didik, meyakinkan masyarakat bahwa dengan menyekolahkan anaknya di sekolah kejuruan maka akan meningkatkan taraf ekonomi keluarga karena anak mereka telah dibekali kompetensi siap kerja, serta bernegosiasi dan berdikusi dengan pihak Yayasan terkait perencanaan dan pengelolan sekolah ke depannya.
References
Abrori, Maskub. (2015). Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di PG/Tk Samarinda. Samarinda: IAIN Samarinda, Indonesia
Ahmad, Fitriana. (2016). Manajemen Pemasaran dalam Peningkatan Penerimaan Peserta Didik di MI Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas.”skripsi. Purwokerto: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto.
Ananda & Banurea. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan. CV Wisya Puspita. h. 26
Anggito, Albi dan Johan Setiawan, S.Pd.(2018). Metotodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Asid, Iqbal M. (2021). Manajemen Pendidikan Islam Periode Madinah Perspektif Al Mubarakfuri: Vol 4. Bogor: e-Journal STAI AL-HIDAYAH.
Bilqis Asrori dan Rivo Nugroho. (2016). Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di SMA Islam Nurul Amanah Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. “skripsi. Surabaya: Jurusan Pendidikan Non Formal, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Daryono. (2022). Konsep Dan Aplikasi Landasan Pendidikan Dalam Sekolah Penggerak. Pasuruan. Lembaga Academic & Research Institute. h. 75
Dita, Agnes Sixtin Lady Ayu. (2018). Program Keislaman Sekolah Negeri Dalam Menjaga Eksistensi Dan Persaingan Dengan Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus SMKN 2 Rejang Lebong). Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. IAIN Curup.
Fridiyanto. (2022). Manajemen Strategik Konsep Bisnis Bagi Lembaga Pendidikan Islam. Batu. Literasi Nusantara. h. 56
Hamid, M Abi. (2021). Pengelolaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. h. 5.
Indah, Nuning P. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (diakses 25 Maret 2021, Pukul 19.20 WIB)
Krisphianti, Yuanita Dwi. (2022). Ground, Understand, Revise, Use (Guru) Untuk Percaya Diri Remaja SMK Bisa. Pasuruan. Qiara Media. h. 2.
Kumaat Hernie. (2021) Persepsi Masyarakat Terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sebagai Upaya Memasuki Dunia Kerja. Seminar Internasional. APTEKINDO. h. 504
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar (1st ed.). Magetan: CV. AE Media Grafika.
Luluk Arirotu Zahroh. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Usia Dini. Jogjakarta. Lentera Kreasindo. h. 26-27
Machali, Imam. (2018). The Handbook of Education Management. Jakarta. Prenada Media. h. 293.
Machali, Imam. (2018). The Handbook of Education Management. Jakarta. Prenada Media. h. 293.
Martono, Nanang. (2018). Kematian Sekolah Swasta. Jakarta. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Munir, M. (2018). Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik. “Jurnal. Nganjuk: Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2, STAI Darussalam Krempyang Nganjuk.
Murniati. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Sekolah Berbasis Sistem Ganda (DualBased System) Dan Kewirausahaan (School Based Entrepreneuship). Yogyakarta. Deepublish
Musfiqon. (2015). Mendesain Sekolah Unggul. Sidoarjo. NizamiaLearning Center. h. 115
Nabilla & Tuasela. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Diva Karaoke Rumah Bernyanyi di Kota Timika. Jurnal Kritis (5). h. 22
Novita Mona. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Nur El –Islam. (4). h. 127
Nurfadilah, Ira. (2017). Hubungan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dengan Pelayanan Administrasi Tata Usaha di SDIT Asy Syifa Qolbu Bogor. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Kependidikan UIN syarif Hidayatullah Jakarta.
Purwanto, Harry. (2021). PublicRelations Pendidikan Era Pandemi. Surabaya. Media Karya. h. 38
Qoimah. (2018). Membangun Pelayanan Publik yangPrima: Strategi Manajemen Humas dalam PenyampaianProgramUnggulan di Lembaga Pendidikan. Vol.1 No. 2. Bogor: e-Journal STAI Al-Hidayah.
Rahardjo, Mudjia. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Rahmat & Husain. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta. Zahir Publishing. h. 66
Rahmat, Abdul. (2020). Hubungan Sekolah Dan Masyarakat (Mengelola Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu sekolah). Yogyakarta. Zahir Publishing. h. 4
Rahmat, Pupu Saeful.(2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Rijali, Ahmad (2018). Analisis data kualitatif. Jurnal Alhadharah Vol. 17 No. 33. Suharyadi dan Purwantu. (2011). Statistika: Untuk Ekonomi Keuangan Modern ed. 2. Jakarta: Salemba Empat.
Ronia & Sahadati. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. Yogyakarta. UAD Press. h. 244
Sagala, Syaiful. (2013). Etika Dan Moralitas Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenamedia Group. h. 66
Sandu Siyoto dan Ali sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta:Literasi Media Publishing.
Susilowati (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi Volume VIII No 2 September 2017.
Syarifuddin, Andi Alfian. (2020). Hitam Putih.Gowa. Jariah Publishing. h. 27
Wangsadanureja, Miftah. (2018). Urgensi Manajemen Pendidikan Pesantren dalam Keluarga. Vol. 1 No.2. Bogor: e-Journal STAI Al-Hidayah.
Widodo Slamet. (2020). Yayasan Emeyodere Dalam Pelayanan Pendidikan Masyarakat Kokoda di Kota Sorong. Sleman. Deepublish. h. 2.
Wiryotinoyo. (2020). Pemanfaatan Website Sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah. Jurnal Abdi Pendidikan. (01). h. 2
Yadnya, I Gusti Agung Oka. (2020). Peran Strategis Pengawas Sekolah menjawab Globalisasi Pendidikan. Jakarta. Guepedia. h. 130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Rustandi, M. Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						



