MANAJEMEN SANTRI DALAM PENGUATAN KARAKTER ISLAMI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR`AN IBNU JAUZI DRAMAGA BOGOR
Keywords:
Manajemen, Santri, Penguatan, Karakter, IslamiAbstract
Pendidikan karakter islami merupakan kunci kesuksesan suatu pendidikan dan sudah menjadi keharusan seorang muslim untuk menerapkanya di lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Pesantren Tahfidz Al-Qur`an Ibnu Jauzi Dramaga Bogor dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Â Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Manajemen Pendidikan karakter di Pesantren Tahfidz Al-Qur`an Ibnu Jauzi Dramaga Bogor melibatkan seluruh stake holder yang ada di sekolah. (2) Faktor-faktor yang mendukung dalam menguatkan karakter islami yaitu adanya kinerja yang baik dari para pengurus juga proses pembelajaran yang berkualitas dan adanya organisasi santri (3) Problem kesantrianya yaitu perilaku santri yang terkadang sulit diatur juga kadang terjadi ketidaksatuhatian antar pengurus. (4) Solusi problem terkait perilaku santri yang terkadang sulit diatur dan solusi miskomunikasi antar pengurus. (5) Implementasinya yaitu dengan mengintegrasikan konten pendidikan karakter yang telah dirumuskan kedalam kegiatan belajar mengajar, kegiatan sehari-hari di Pesantren dan di dalam kurikulum sekolah.Â
References
Agung. (n.d.). Konsep Pendidikan Karakter Islami; Kajian Epistemologis. 52–70.
Andrianto. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Al-Masthuriyah. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 28. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.71
Dewi, N. K. S. S. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Di Sdn Gugus Iv Perampuan Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 Skripsi. 549, 1.
Herlina, S. (2018). Pendidikan islam menurut pemikiran mohammad natsir dan relevansinya.
Musrifah. (2016). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. 1, 119–133.
Nafiah, W. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 2 Malang). 45(45), 120.
Niam, M. I. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Manba’ul Hikam Sidoarjo. 126(1), 4.
Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’Allimin Al-Islamiyah (Kmi) Di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.93
Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung, UPI. Stuss, Magdalena & Herdan, Agnieszka, 17.
Sugara, J. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. In SELL Journal.
Sulhan, A. (2015). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Multikasus di MA Dakwah Islamiyah Putri Kediri Lombok Barat dan SMA Negeri 2 Mataram).
Susanti, H. D., Arfamaini, R., Sylvia, M., Vianne, A., D, Y. H., D, H. L., Muslimah, M. muslimah, Saletti-cuesta, L., Abraham, C., Sheeran, P., Adiyoso, W., Wilopo, W., Brossard, D., Wood, W., Cialdini, R., Groves, R. M., Chan, D. K. C., Zhang, C. Q., Josefsson, K. W., … Aryanta, I. R. (2017). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI DI SMA LABORATORIUM MALANG. Jurnal Keperawatan. Universitas Muhammadya Malang, 4(1), 49. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/en/mdl-20203177951%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0887-9%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41562-020-0884-z%0Ahttps://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193%0Ahttp://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article
Wiyani, N. A. (2020). Manajemen Program Pembiasaan Untuk Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak di PAUD Banyu Belik Purwokerto. Jurnal Https://Journal. Iainkudus. Ac. Id/Index. Php …, 31–32. https://scholar.archive.org/work/b7jwc5vc55egjg7m2coerfhzcy/access/wayback/https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/7044/pdf
Yoga, D. wahyu silvana. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Semarang. Skripsi, 12.