MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN ISLAM PADA SISWA MELALUI KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DI SMP ISLAM AL AZAMI CIANJUR
Abstract
Karakter kepemimpinan pada anak harus dibangun dan dibentuk oleh pilar-pilar pendidikan yaitu keluarga, sekolah, organisasi dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Kesiswaan dalam Penanaman Pendidikan Karakter Kepemimpinan Islam pada Siswa Melalui Kegiatan OSIS di SMP Islam Al Azami Cianjur dengan menggunakan penelitian deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Kesiswaan di SMP Islam Al Azami Cianjur secara umum cukup baik. karena menerapkan prinsip manajemen seperti: Pembuatan RPP, pembagian tugas piket guru dalam pencatatan buku kendali siswa, program duha, AJB, kultum, dan monitoring kepala sekolah. Indikatornya dapat dilihat dari: Siswa berkarakter religius dan disiplin, adanya program pesantren dan lingkungan Islami, jiwa kepemimpinan dalam OSIS. Faktor pendukung: Lingkungan sekolah yang kondusif dan agamis, semua unit berperan aktif, sarana prasarana yang mendukung, kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua dengan program visit home regular. Faktor penghambat: Pola asuh orang tua yang home service, kurang minat mengikuti program OSIS, siswa yang lalai dalam menerapkan nilai-nilai karakter islam. Solusi mengatasi faktor penghambat: Melakukan program parenting, menghidupkan program OSIS, menunjukan keteladanan pada siswa dan mengajarkan kitab akhlakul banin dan akhlakul banat.
References
Abnisa, A. P. (2017). Konsep Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Asy- Syukriyyah, 18, 67–81.
Amin, M., Larasati, S. S., & Fathurrochman, I. (2018). Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik di SMP Kreatif ‘Aisyiyah Rejang Lebong. Jurnal Literasiologi, 1(1), 103–121.
Diana, I. N. (2011). Konsep Dan Implementasi Kepemimpinan Islami Di Uin Maliki Malang. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 12(1), 15–30.
Hayati, A. D. N. (2020). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Islam pada Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu.
Hidayah, N. (2015). Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. IAIN Salatiga.
Sani, F. M. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 261-267.â€. Skrpsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ
Sunanda, W. D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Islami Dan Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Waroeng Spesial Sambal). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1), 20–36.
Suprihanto, J. (2018). Manajemen. UGM PRESS. https://books.google.co.id/books?id=5cdVDwAAQBAJ
Suwendra, W., Manuaba, & Lawa, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=8iJtDwAAQBAJ