STRATEGI PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA DALAM UPAYA MEMBERANTAS BUTA AKSARA PADA MASYARAKAT DESA SUKALUYU KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Muhammad Akbar Anugrah Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Arief Rahman Badrudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Strategi pemberantas buta aksara sangat diperlukan oleh pengelola Taman Bacaan Masyarakat agar pemberantasan buta aksara bisa maksimal dilakukan. Penelitian ini bertempat di TBM Lentera Pustaka dengan menggunakan metode kualitatif lapangan. Strateginya: pertama, konsistensi waktu jadwal belajar. Kedua, metode pembelajaran yang terdiri dari: (1) metode pembelajaran bersifat partisipatif. (2) metode pembelajaran TBM Eduitainment. (3) metode pembelajaran Belajar Senang (Be-nang). Ketiga, keaktifan belajar. Upaya pengelola dalam menghidupkan program pemberantasan buta aksara: mempublikasikan ke media sosial semua aktivitas program berantas buta aksara, aktivitas TBM selalu dituliskan di blog. Faktor pendukung: adanya tempat dan fasilitas, adanya pengajar. Faktor penghambat: sikap apatis dari sebagian masyarakat, gengsi dan malu, serta kurangnya kepedulian. Solusi bagi penghambat pemberantasan buta aksara adalah: fokus menjalankan dan mengaktifkan program tersebut, pengelola selalu menanamkan nilai-nilai konsisten terhadap pengajar dan yang diajarnya.

References

Ananda, R., & Banurea, O. K. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Cv.Widya Puspita.

Dewita, A. (2019). Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Literasi Informasi Bagi Masyarakat. Https://Pauddikmassumbar.Kemdikbud.Go.Id/. https://pauddikmassumbar.kemdikbud.go.id/artikel/28/taman-bacaan-masyarakat-tbm-sebagai-literasi-informasi-bagi-masyarakat.

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=A6fRDwAAQBAJ

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Masyarakat Tbm Kreatif †Rekreatif Tahun 2020.

Muniarty. (2012). Manajemen dan organisasi taman bacaan masyarakat modul teoritis.

Parandaru, I. (2021). Hari aksara internasional: Jalan panjang manusia melek huruf. Https://Kompaspedia.Kompas.Id/. https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/kronologi/hari-aksara-internasional-jalan-panjang-manusia-melek-huruf?track_source=kompaspedia-paywall&track_medium=login-paywall&track_content=https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/kronologi/hari-aksa

Pradoko, S. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif. UNY Press.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1. Dasar Metodologi Penelitian, 1–109.

Suci, R. P. (2015). Esensi Manajemen Strategi. In Zifatama Publisher (Issue 1).

Wibhowo, C., & Sanjaya, R. (2022). Teknologi Informasi dalam Intervensi Psikologi: Kepribadian Ambang. SCU Knowledge Media. https://books.google.co.id/books?id=25FZEAAAQBAJ

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Anugrah, M. A., Badrudin, A. R., & Rahman, R. (2023). STRATEGI PENGELOLA TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) LENTERA PUSTAKA DALAM UPAYA MEMBERANTAS BUTA AKSARA PADA MASYARAKAT DESA SUKALUYU KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 197–210. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4153

Citation Check