MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS DI MASJID JAMI AL-AMIN PANORAMA)

Authors

  • Tabah Diki Hermawan STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Kegiatan Sosial, Kegiatan Keagamaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen masjid dalam meningkatkan kegiatan sosial keagamaan di Masjid Al-Amin Panorama Bogor Kelurahan Sidang Barang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dan yang menjadi responden penelitian ini adalah ketua DKM, tokoh agama, dan jamaah. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Perencanaan manajemen Masjid Jami Al-Amin Panorama Bogor yang memiliki visi dan misi untuk terwujudnya masjid yang makmur yang kembali kepada fungsi yang sesungguhnya sehingga masjid benar-benar bisa menjadi syiar islam. (2). Pelaksanaan manajemen masjid dalam meningkatkan kegiatan sosial keagamaan (Masjid Al-amin Panorama Bogor) bermusyawarah, memakmurkan masjid. (3) kegiatan sosial keagamaan memfokuskan pada mutu pengetahuan sosial keagamaan pada masyarakat dengan berbagai kegiatan dan pelatihan agama. (4) Adanya pendukung dalam menerapkan manajemen masjid. (5) Adanya problem dalam menerapkan manajemen masjid. (6) Adanya solusi mengatasi penghambat manajemen masjid. (7) Evaluasi mengevaluasi manajemen masjid dengan menggunakan balanced scorecard. Balance yang berarti seimbang dan scorecard berarti ukuran kinerja.

References

Alwi, Muhammad Muhib. (2016). ‘Optimalisasi Fungsi Masjid Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat’. Al-Tatwir 2 (1).

Azzam, Abdullah, And Yani Muhyani. (2019). ‘Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat’. Komunika: Journal Of Communication Science And Islamic Da’wah 3 (1): 197–205.

Fajariyah, Lukman. (2020). ‘Inklusivitas Masjid Sebagai Perekat Sosial: Studi Kasus Pada Masjid Ash-Shiddiiqi Demangan Kidul Yogyakarta’. Sangkép: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan 3 (1): 85–96.

Ginanjar, M Hidayat. (2018). ‘Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Masjid’. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1 (01).

Harahap, Darwin. (2021). ‘Manajemen Pengelolaan Masjid (Studi Kasus Di Masjid Babur Rahmat Kelurahan Pasar Pargarutan Kecamatan Angkola Timur)’, 381–98.

Haz, Abdul Hamzah. (2019). ‘Manajemen Masjid Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Masjid Rayyan Mujahid Desa Bulukarto Kec. Gadingrejo Kab. Pringsewu’. Uin Raden Intan Lampung.

Iskandar, Nur. (2017). ‘Efektivitas Masjid Amirul Mukminin Terhadap Masyarakat Di Kelurahan Losari Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar (Studi Pada Masjid Terapung Di Anjungan Pantai Losari)’. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

J. Moleong, Lexy. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Karim, Hamdi Abdul. (2020). ‘Revitalisasi Manajemen Pengelolaan Peran Dan Fungsi Masjid Sebagai Lembaga Keislaman’. Jurnal Isema : Islamic Educational Management 5 (2): 139–50.

Muh, E.Ayub. (2013). ‘Manajemen Masjid’.

Muhammad, Fadli. (2021). ‘Manajamen Masjid Dalam Mengembangkan Wawasan Keagamaan Jamaah Masjid Al-Amin Panorama Bogor’.

Mukhlisin, And Nurmala Chintiana. (2018). ‘Pengaruh Kegiatan Sosial Keagamaan Terhadap Penanggulangan Penyimpangan Perilaku Sosial Remaja Di Jombang’. Jurnal Pendidikan Islam 2 (1): 114–36.

Qalbi, Nurul Istiqamah, Cyahrani Wulan Purnama, Nurul Izzah Dwi, Andi Baso Kaswar, And Jumadi Mabe Parenreng. (2020). ‘Rancang Bangun Kotak Amal Cerdas Sebagai Solusi Ketidak Efisienan Pendistribusi Kotak Amal Di Masjid’. Jurnal Media Elektrik 17 (2): 25–32.

Said, Nurhidayat Muh. (2016). ‘Manajemen Masjid (Studi Pengelolaan Masjid Agung Al-Azhar Jakarta)’. Jurnal Dakwah Tabligh 17 (1): 94–105.

Widartik, Sri, Ahmad Asrof Fitri, And Meity Suryandari. (2022). ‘Implementasi Manajemen Masjid Dalam Memakmurkan Masjid Al-Huda Sukajati Haurgeulis’. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 9 (3): 783–800.

Published

2024-07-01

How to Cite

Hermawan, T. D., Sarifudin, S., & Kohar, A. (2024). MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN (STUDI KASUS DI MASJID JAMI AL-AMIN PANORAMA). Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 117–124. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7125

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>