STRATEGI TENAGA PENDIDIK DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI SISTEM KETARUNAAN DI SMKN 2 SUBANG

Authors

  • Sobari Sobari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Arief Rachman Badrudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Abstract

Kajian ini akan fokus pada beberapa pertanyaan penting terkait strategi pendidikan karakter yang berfokus pada remaja dari awal hingga akhir pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan edukatif, psikologis dan sosiologis. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan instrumen penelitiannya adalah peneliti sebagai instrumen kunci. Dan instrumen pelengkapnya adalah lembar observasi, pedoman wawancara, alat tulis dan alat rekam. Analisis data menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem taruna adalah melatih fisik dan mental siswa agar berkarakter, mengedepankan disiplin yang ketat. Dari awal masuk sekolah dengan Latdastar dan dengan kebiasaan sehari-hari dengan apel pagi, siang dan sore. Sedangkan kendala yang muncul mulai dari kurangnya kehandalan pendidik, kurangnya kesadaran dan motivasi masing-masing, berbagai kondisi fisik dan mental peserta didik, dan terakhir lingkungan pergaulan atau teman sebaya. Maka solusi yang ditempuh adalah mengadakan pelatihan bagi para pendidik dan menerapkan sistem militer yang ketat namun tetap menyenangkan untuk membentuk mental, fisik dan tanggung jawab para siswa.

References

Ananda, Rusydi. 2018. Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).

Bahri, Saiful. 2015. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.†TA’ALLUM 03 (01): 57–76.

Ginanjar, M. Hidayat. 2012. “Reformasi Pendidikan Dan Strategi Pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional Di Era Global.†Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 1 (1): 1–26.

Makhmudin, Al Makhrus. 2020. “Penerapan Sistem Pembinaan Pendidikan Ketarunaan Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di SMK Kemaritiman Kota Palopo.†Institust Agama Islam Negeri IAIN Kota Palopo.

Musfah, Jejen, dan Upi Rahmawati. 2019. “EVALUASI PROGRAM SCHOOL FOR PRINCIPAL (Spc) Sekolah Guru Indonesia (SGI).†Pendidikan Islam 8 (1): 21–34.

Mustoip, Sufyan, Muhammad Japar, dan Zulela MS. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing. Surabaya.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books. Solo: Cakra book.

Nurhayati, Siti, dkk. 2019. STRATEGI PEMBELAJARAN. Jakarta Timur: Edu Pustaka.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sidiq, Umar, dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Siyoto, Sandu, dan Muhammad Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sumantri, Muhamad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran (Teori Dan Praktek Di Tingkat Pendidikan Dasar). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahidin, Unang. 2017. “Pendidikan Karakter Bagi Remaja.†Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 2 (03): 256–69.

Windiyani, Tustiyana, dkk. 2020. Profesi Kependidikan. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pakuan.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Sobari, S., Badrudin, A. R., & Rahman, R. (2023). STRATEGI TENAGA PENDIDIK DALAM UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA MELALUI SISTEM KETARUNAAN DI SMKN 2 SUBANG. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 3(01), 211–226. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/4154

Citation Check