STRATEGI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI PTQ IMAM ATH-THOBARI BOGOR

Authors

  • Maulana Ibrahim Majid STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Arief Rahman Badrudin STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahman Rahman STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Strategi, Kepala Perpustakaan, Budaya Literasi

Abstract

Salah satu cara untuk membuat siswa senang membaca adalah dengan mengenalkan mereka pada budaya literasi. Penelitian ini dilakukan di PTQ Imam Ath-Thobari Bogor. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Kepala perpustakaan memiliki rencana untuk menaikkan angka melek huruf. 2) Peran kepala perpustakaan dalam meningkatkan angka melek huruf. 3) Upaya kepala perpustakaan untuk meningkatkan budaya didukung oleh beberapa faktor. 4) Pustakawan sekolah menghadapi tantangan dalam menumbuhkan budaya literasi. 5) Hambatan kepala perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi dapat diatasi. 6) Kajian berkelanjutan kepala perpustakaan sekolah terhadap peningkatan budaya literasi.

References

Anwar, A. (2017). Tipe kepemimpinan profetik konsep dan implementasinya dalam kepemimpinan di perpustakaan. Pustakaloka, 9(1), 69–82.

Artana, I. K. (2019). Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan Yang Profesional. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 1–9.

Hayuni, R., & Nurizzati, N. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Kunjungan di Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 141–146.

Jana, P. (2018). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan vektor. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 8–14.

Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.

Londa, N. S., & Watak, F. (2018). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sma Katolik Frater Donbosco Manado. Acta Diurna Komunikasi, 7(1), 1–14.

Mansyur, M. (2016). Manajemen perpustakaan sekolah. Pustakaloka, 7(1), 43–54.

Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra II FBS UNM, 203–2017.

Maskur, A. (2019). Penguatan Budaya Literasi di Pesantren. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–16.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 4.

Prasetya, A. F. P. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah.

Published

2024-07-01

How to Cite

Ibrahim Majid, M., Badrudin, A. R., & Rahman, R. (2024). STRATEGI KEPALA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI DI PTQ IMAM ATH-THOBARI BOGOR. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 4(01), 85–94. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/7121

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.