IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN SIRNAGALIH 02 DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Aji Mustopa STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

metode pembiasaan, karakter Islami, peserta didik

Abstract

Pendidikan karakter Islami pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti merupakan keharusan yang melekat sebagai bukti nyata dalam upaya internalisasi nilai-nilai keislaman peserta didik, sehingga perlu adanya upaya pengintegrasian materi pembelajaran dengan penanaman nilai-nilai karakter Islami salah satunya dengan mengimplementasikan metode pembiasaan dalam membentuk karakter Islami. Penelitian dilakukan di SDN Sirnagalih 02 Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi karakter Islami peserta didik, program sekolah terkait metode pembiasaan dalam pembentukan karakter Islami, faktor pendukung metode tersebut, faktor penghambatnya, dan solusi untuk mengatasi faktor penghambat tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, selajutnya dianalisis secara deskriptif interpretatif.

References

Chaer, M. T. (2013). Dekonstruksi Pendidikan Karakter dan Idealisme Pendidik. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 3.

Herimanto, Triyanto, Pelu M. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Budi Pekerti Berbasis Multikultural. Agatsya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 4(01).

Liandari, W., Wahidin, U, & Sarifudin, A. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak (Studi Pada Peserta Didik Kelas Utsman Di Sekolah Tahfiz Al-Qur’an Ruhama Kota Bogor Tahun 2019/2020). Prosa PAI, 2(2B).

Maulida, A., Priyatna, M., & Wahidin, U. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 2.

Maya, R.. (2017). Karakter (Adab) Guru Dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02), 33.

Setyowati, E. (2009). Pendidikan budi pekerti menjadi mata pelajaran di sekolah. Lembaran Ilmu Kependidikan, 38(2).

Sumber dari Buku

Al-'Utsaimin, M. b. (2016). Panduan Lengkap Menuntut Ilmu. Jakarta: Pustaka Ibnu Katsir.

Awaludin, Latief. (2010). Ummul Mukminin: Al-Qur’an & Terjemahan untuk Wanita. Jakarta: Wali.

Daulay, H. P., & Pasa, N. (2016). Pendidikan Karakter. Medan: CV. Manhaji Medan.

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narwati, S. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2011). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A., & Barnawy. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Mustopa, A., Maulida, A., & Sarifudin, A. (2022). IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDN SIRNAGALIH 02 DESA SUKAMANTRI KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 1–16. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2719

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>