Strategi Kepala Sekolah dalam Menjaga Kestabilan Tugas-Tugas Profesionalitas Guru di Masa Pandemic Covid-19

Authors

  • Sabiq Al Akhyar Hidayat STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Hidayat Ginanjar STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Heriyansyah Heriyansyah STAI Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Strategi, Profesionalitas, Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dalam profesionalitas para guru untuk menjaga kestabilan dalam menjalankan tugas-tugasnya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Rancabungur Jl. Letkol Atang Sanjaya No. 215, Desa Pasirgaok, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif/studi lapangan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah dalam menjaga kestabilan para guru dalam mengemban tanggung jawabnya di SMP Negeri 1 Rancabungur Bogor dari masa sebelum adanya pandemic covid-19 sampai berlangsungnya pandemic ini mengalami perubahan kebijakan demi tercapainya sikap profesionalitas para guru diantaranya: (1) masih adanya pelaksanaan dalam menjalankan tugas-tugas professional guru sebelum adanya pandemic yang masih berlangsung. (2) faktor pendukung dalam hal ini pemetaan guru yang merata di setiap bidangnya, dan memberikan kesempatan dalam mengikuti berbagai pelatihan. (3) hambatan dalam pelaksanaan tugas profesionalitas guru adalah sarana dan prasarana, jadwal padat, kurang motivasi, serta biaya. (4) solusi dalam hal ini adalah evaluasi. (5) Strategi kepala sekolah dalam menjaga kestabilan guru yakni keterbukaan dan pengayoman. Dapat disimpulkan strategi kepala sekolah sudah cukup baik, terorganisir, dan guru merasa puas

References

Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 01. Bogor: Alhidayah Press.

Sumber dari Buku

Andang. (2014). Manaejemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Buchori, Mochtar. 1994. Ilmu pendidikan dan praktek pendidikan dalam

renungan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Perss.

Daryanto. (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

E. Mulyasa, (2017). Manejemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Ankara.

E. Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hakim, Iwan Wijaya. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Professional. Sukabumi: CV Jejak.

Hamalik, Oemar. (1991). Sistem Dan Prosedur Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan. Bandung: Trigenda Karya.

Lexy J. Maleong. (2016). Penelitian Komunikasi Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Nasution. (1999). Sosiologi pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Nugraha Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: LPPM Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Rusydie Salman. (2012). Tuntutan Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Flashbooks.

Sadiah Dewi. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakaryah.

Sagala, Syaiful. (2000). Administrasi pendidikan kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Salim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Gita Pustaka Media.

Soetjipto. (2011). Profesi Keguruan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Metode Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksarah.

Sukmadinata Syaodih Nana. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja.

Suryana Yaya. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Umbu, dkk. (2014). Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Anggota IKAPI: Ombak.

Usman, M. U. (1999). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zahroh Amniatul. (2017). Dimensi Guru dalam Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Sumber dari Karya Ilmiah

Rozi Saptiyan (2009) dengan judul “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Surakartaâ€. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muhammad Subhan Zubaidi (2014) dengan judul “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Islam Wahid Hasyim Malang†skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Reza Hafikar Suwardi. (2017). “Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Kasus PKP2A II Lembaga Administrasi Negara Kota Makassar)â€. Skripsi: di Universitas Hasanuddin Makassar

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Hidayat, S. A. A., Ginanjar, M. H., & Heriyansyah, H. (2022). Strategi Kepala Sekolah dalam Menjaga Kestabilan Tugas-Tugas Profesionalitas Guru di Masa Pandemic Covid-19. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 2(01), 167–180. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2767

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>