Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tingkat SMA di Bogor

Mohamad Gugun Gunawan, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Abstract


Pendidikan adalah faktor utama terbentuknya keperibadian seseoarng, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Tamansari Bogordengan menggunakan metode kualitatif lapangan non statistik. Sedangkan hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan kurikulum melibati semua strukktural sekolah (2) Pengorganisasian kurikulum SMA Negeri 1 Tamansari Bogor, Kepala sekolah yang penuh bertanggung jawab dalam mengkoordinir pengorganisasian K-13 dan dibantu dengan waka kurikulum lalu mengkoordinir guru(3) Pelaksanaan K-13 di SMA Negeri Tamansari Bogor sudah diterapkan sejak tahun 2013 lalu diberlakukannya kurikulum 2013 dengan adanya aturan dari menteri pendidikan dan sekolah SMA Negeri 1 Tamansari Bogor terpilih untuk melaksanakan K-13. (4) Evaluasi K-13 di SMA Negeri 1 Tamansari Bogor dilakukan oleh tim penjaminan mutu pendidikan sekolah dan team pengembang kurikulum.(5) Kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Tamansari Bogor  yang mencakup: prestasi akademik, prestasi non akademik dan kompetensi lulusan.

Full Text:

PDF

References


Adnan, Mohammad. (2017). Evaluasi Kurikulum Sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal: Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Hasan Jufri Bawean Gresik Vol. 01 (02).

Adnan, Mohammad. (2017). Evaluasi Kurikulum Sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal: Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) STAI Hasan Jufri Bawean Gresik Vol. 01 (02).

Arifin, Zainal. (2017). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zaenal. (2011). Konsep dan Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendektan, Model Evaluasi dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Asrivi, Queen Elvina, at all. (2017). Penerapan Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Journal of Primary Education. Universitas Negeri Semarang.

Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Edi, Fandi Rosi Sarwo. (2016). Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta. PT Leutika Nouvalitera.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Hafidhuddin, Didin. (2008). Manajemen Syariah dalam Praktek. Depok: Gema Insani.

Hasan dan Said Hamid. (2012). Pendidikan sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal.

Irawan, Muhammad Dedi, Selli Aprilla Simargolang. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi: Vol. 02 (01).

IskandarCharles Soetyono, at all. (2019). Manajemen sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Technopreneurship. Yogyakarta. CV Budi Utama.

Karyoto. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Teori, Definisi dan Konsep.Yogyakarta: Andi Offset.

Khasanah, Uswatun. (2020). Pengantar Microteaching. Sleman. Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Ponorogo-Jatim. Uwais Inspirasi Indonesia: Ponorogo-Jatim.

Murtado, Dodo, at all. (2019). Manajemen dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis. Bandung: Yrama Widya.

Permatasari dan Eka Aprilia. (2014).Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education.

Prihati, Fitriani dan Sukarmin. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 8 Surakarta Ditinjau Dari Standar Proses. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF): Magistar Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol 09 (01).

Retnowati, Devi Ratih, at all. (2016). Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1bPendidikan Gegrafi Universitas. Negeri Malang Jurnal Pendidikan: Pendidikan Geografi Pascasarjana-Universitas Negeri Malang Vol. 01 (03).

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhaharah. UIN Antasari Banjarmasin. Jurnal.Vol 17 (33).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitan Manajemen. Bandung. Alfabeta CV.

Susetyo, Haryu Dwi Fendy. (2016). Implementasi Komunikasi Sekolah dan Orang Tua di SD IT Majelis Tafsir Al-Qur’an Gemolong Sragen. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Insitus Agama Islam Negeri Surakarta.

Triananda, Ade. (2015). Pengaruh Prestasi Akademik dan Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Kesiapan Calon Guru Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi UNY 2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Tanujaya, Chesley. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. International Business Managemen Universitas Ciputra. Vol 2 (1). h. 93.

Wibowo, Wahyu. (2011). Cara Cerdas Menulis Artikel Ilmiah. Jakarta. PT Kompas Media Nusantara.

Yunus, Eddy. (2016). Manajemen Strategi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yusuf, Wiwin Fachrudin. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Islam: UIN Yudharta Pasuruan.

W. P. WK. RA. 18. 01. 2021.

W. P. WK. RA. 18. 01. 2021.

W. P. GK XI. TA. 18. 01. 2021.

W. P. WK. RA. 18. 01. 2021.

W. P. WK. RA. 18. 01. 2021.


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohamad Gugun Gunawan, M Hidayat Ginanjar, Heriyansyah Heriyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats