IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP AL-IRSYAD BOGOR TAHUN 2021

Authors

  • Ridho Muhammad Fauzan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • M Sarbini Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ade Kohar Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor, Indonesia

Keywords:

Akhlak, Kehumasan, Komunikasi, Pelaksanan

Abstract

Public Relations (PR) istilah ini sudah tidak asing lagi di setiap penjuru dunia dengan kata lain bisa disebut kehumasan. Menurut para pakar mengatakan berhasilnya lembaga atau sekolah di dalamnya perlu manajemen public guna untuk mendorong keberhasilan visi misi lembaga. Fokus masalah penelitian ini yaitu tentang implementasi manajemen humas dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Al-Irsyad Bogor. Tujuannya untuk mengetahiu bagaimana implementasi manajemen humas dalam meningkatkan akhlak siswa di SMP Al-Irsyad Bogor. Dengan demikian penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rumusan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara. Pengontrolan pelaksanan internal sebagai berikut: (1). Perencanaan humas untuk meningkatkan akhlak siswa terbukti efektif untuk generasi mendatang, (2). Pelaksanaan kehumasan untuk meningkatkan akhlak siswa sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan sekolah, (3). Evaluasi yang dilakukan sudah terlaksana dengan efekif dan efisien, (4). Terdapat kendala dalam proses peningkatan akhlak siswa, dan (5). Langkah solusi yang diambil sudah sangat tepat dan terbukti dapat menyelsaikan permasalahan yang ada

References

Agostiono. (2010). Implementasi Kebijakan Publik Model Van Meter dan Van Horn,http//kertyawitaradya.wordpre ss, diakses 5 September 2010, hlm 139.

Awaludin dan Hendra. (2018). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Indonesia. Fungsi Manajemen dalam Pengadaan Infrastuktur. Jurnal: Publication, 02.(01).

Cahya Suryana. (2007). Pengeolahan dan Analisi Data Penelitian. Jurnal: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta. Hal. 17.

Eka Khoiru Nisa dan Denas Hasman Nugraha. (2019). Jurnal Al-Fahim: Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Hubungan Baik Antara Sekolah Dan Wali Sekolah, 1(1).

Faiz. (2019). Hukum Dalam Perspektif Otologis Tinjauan Fungsional Manajemen Humas. (At- Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam). 03(02): 113.

Fitriani Dwi dkk. (2020). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan,Sikap, Dan Keterampilan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(01).

Heru Siswanto dan Dwi Nurrahma Dita (2019). Peran FasilitAtor Melalui UMKM Sri Siji Dalam Meningkatka Produktivitas Batik. Jurnal: Pendidikan Untuk Semua, hal. 1.

Hesti Sondak Sandi. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawasi Utara. Jurnal: EMBA, 7(1): 671 –680.

Indah Pratiwi Nuning. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal: Ilmiah Dinamik Sosial, 01(0)2.

Irfan Afandi. (2018). Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Sekolah. (Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrohim).

M. Sarbini (2012). Konsep Pendidikan Robaniyah. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 1(01).

Mahendra Adhi Nugroho dan Lorentya Yulianti Kurnaningtyasi. (2012). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperensif Teknik. Jurnal: Pendidikan Akuntasnsi Indonesia, 03(01).

Maulida Ali. (2014). Kurikulum Pendidikan Akhlak Keluarga Dan Masyarakat Dalam Hadist Nabawi. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 03(06).

Maya Rahendra (2017). Karakter (adab) Guru dan Murid Perspektif IbnJamaah al-Syafii. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Nilamsari Natalina (2014) Jurnal: Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana. Vol XII. No 02.

Nugroho Wahyu (2019). Pengaruh Layanan Mediasi Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal: Media Kons, 5(2).

Nurjannah, Siti. (2019). Islamic Managemment: Jurnal Pendidikan Islam.

Samsirin. (2015). Konsep Manajemen Pengawasan Dalam Pendidikan Islam. Universitas Darussalam Gontor. Jurnal At-Tadi’b, 10(2).

Sarifudin Dan Rahendra Maya. (2019). Implementasi Manajemen Pemesaran Jasa Pendidikan. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(02).

Suci Wahyuni Multi, dkk. (2019). Fungsi Humas Dalam Menjalani Hubungan Di Pemerintahan Kota Bukittinggi. Al Munir Jurnal: Komunikasi dan Penyiar Islam, 10(2).

BUKU

M. Linggar Anggoro. (2012). Teori dan profesi kehumasan serta aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tatang. (2015). Manajemen Pendidikan Berbasis Srkolah. Bandung: PT. Sustaka Setia.

Juhji Dkk. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan.hal.20 PT: Widina Bhakti Peersada Bandung Stra.

Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Pt: Kencana Prenada Media Group. Hal.9.

Saidah Dewi (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung Pt: Remaja Rosdakarya.

Moleong (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,Edisi Revisi.

Sugiyono (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Ninik Hartini. (2013). Public Relation. Hal.8

Irfan Afandi (2018). Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Sekolah. Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrohim.

Hani Handiko. (2016). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOKYAKARTA

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Fauzan, R. M., Sarbini, M., & Kohar, A. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN HUMAS DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA DI SMP AL-IRSYAD BOGOR TAHUN 2021. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), 327–342. Retrieved from https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/cendikia/article/view/2194

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>