PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMPERBAIKI AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS ANWARUL HIDAYAH DESA PARAKAN KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/cendikia.v4i01.7093Keywords:
Akidah Akhlak, Karakter Religius, Peran GuruAbstract
References
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1).
Amin, Samsul Murni. (2016). Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.
Arrad, Sholih Ali Abu. (2015). Pengantar Pendidikan Islam. Bogor: Marwah Indo Media.
Chusna, L. M. (2015). Implementasi hidden curriculum dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Damin, Sudarwan. (2013). Profesionalisasi Dan Etika Profesi Guru. Bandung. Alfabeta.
Gunawan, Heri. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2018). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamdani. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hawi, Akmal. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Herman, Abdul Muhaimin Zen, Rahendra Maya, Samsul Ariyadi, Ade Naelul Huda. (2023). Fashion Show Muslim: Studi Tafsir Qur’an Surat An-Nur Ayat 31 dan Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 5, Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(02).
Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Junaedi, Mahfud. (2017). Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.
Marzuki. (2009). Pokok-pokok Akhlak Mulia Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika Dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press.
Maulida, Ali, (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Bulugh Al Maram. Bogor. Alhidayah Press.
Nata, Abudin. (2017). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Syukur, Fatah. (2017). Paragdima Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: Kencana.
Priansa, Donni Juni. (2017). Menjadi Kepala Sekolah Dan Guru Profesional. Bandung: CV Pustaka Setia.
Thalib, Muhamad. (2010). Al-Qur’an Terjemah Tafsiriyah. Jakarta. Penerbit Mahad An-Nabawy.
Budi Heriyanto, Agus Sarifuddin, Herman, Ali Maulida, Abdul Jabar. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03).
Darimi, Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2).
Ginanjar, M. H., & Kurniawati, N. (2017). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).
Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2).
Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, Ade Naelul Huda. (2023). Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8(01).
Maya, Rahendra. (2017) Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibnu Jama’ah Asyafi’i. Edukasi Islami. Jurnal Pendidikan Islam. 06 (12).
Rofiah, N. H. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi. FENOMENA, 8(1).
Firdaus, Anhar. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SDN Cibereum 4 Bogor Selatan. Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor.
Harahap, Rosna Leli. (2017). Peran Guru PAI Dalam Membina Akhlak Siswa. Medan: Skripsi.
Hidayat, Rahmat. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di SMK Al-Bana Kelas XI Cilebut Bogor. Bogor: Skripsi.
Hikmah, N. (2016). Peran Guru Aqidah Akhlak Sebagai Motivator Terhadap Pembinaan Akhlak Siswa di MI Ma’arif NU Karangpucung Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Disertasi pascasarjana, IAIN Purwokerto.
 
						




