UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS AL-INAYAHKECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGORTAHUN AJARAN 2019/2020

Andi Wijayanto, Unang Wahidin, Sujian Suretno

Abstract


Kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam  kehidupan, terkhusus dalam berkomunikasi dengan masyarakat luas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VIII di MTs Al-Inayah kecamatan Ciomas kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah guru menjadi uswah hasanah, melakukan bimbingan dan arahan, berkomunikasi dengan wali siswa, dan memberi hadiah kepada siswa. Faktor pendukung: program pembiasaan, dukungan dan kerjasama, dan tata tertib sekolah. Faktor penghambat: pengaruh lingkungan luar sekolah, terbatasnya waktu kegiatan belajar mengajar, dan siswa yang sering tidak masuk sekolah. Solusi terhadap faktor penghambat: guru bekerja dan mengajar secara maksimal, siswa agar tetap hadir di sekolah, siswa tidak melanggar aturan pemerintah pada masa virus covid-19, dan melakukan home visit

Keywords


upaya, guru akidah ahklak, kecerdasan emosional, siswa

Full Text:

PDF

References


Afifatul Widad. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Konsep Diri Para Santriwati Remaja Awal Podok Pesantren Ar-Rahmah Lumajang. Skripsi, 28.

Ahmad Sopian. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 94.

Akmal Hawi. (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali.

Anis Pusitaningtyas. (2016). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dan Guru Terhadap Kreativitas Siswa. Proceeding Of Icecrs. Pendidikan Agama Islam, 935.

Arif Nurhadi. (2019). Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Di MTs Ibnu Taimiyah Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Prosiding, 93.

Ary Ginanjar Agustina. (2016). Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga.

Chairul R. dan Heri G. (2016). Pengembangan kompetensi kepribadian guru menjadi pendidik yang dicintai dan diteladani siswa. Bandung: 24.

Daniel Golemen. (2016). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia.

Dedi Wahyudi. (2017). PengantarAqidah Akhlak dan Pembelajarannya. . Yogyakarta: Lintang AKsi AKsara Books.

Djali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwi Wulandari. (2012). Gambaran Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMKN 1 Jakarta. Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 186.

Hanif Cahyo A.K. (2014). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, 1.

Irfandi. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Akhlakul Karimah pada Siswa Kelas V di SDN Sirnagalih 02 Kecamatan Tamansari Bogor Tahun Ajaran 2019/2020 . Jurnal Prosiding, 82.

Kistoro Hanif Cahyo Adi. (2014). Kecerdasan Emosional Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan agama Islam, 11, 5.

M. Hidayat G. (2016). Pembelajaran Akidah Akhlak dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak al-Karimah Peserta Didik. . Jurnal Pendidikan Islam, 109.

Makmum Mubayidh. (2011). Kecerdaan & Kesehatan Emosional Anak Referensi Penting Bagi Pendidik & Orang Tua Anak. . Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Novan Ardy. (2015). Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gava Medika.

Nunuk nur Shokiyah. (2013). Melukis Sebagai Media Pembentukan Kecerdasan Emosional Pada Remaja. Brikolase. Brikolase, 05, 72.

Nurul Latifah. (2011). Pengembangan Kecerdaan Emosional Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta. Skripsi, 12


<

Article metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Wijayanto, Unang Wahidin, Sujian Suretno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address:
Jl. Raya Dramaga KM. 7
Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat
Kota Bogor
Telp: 0251-8625187
HP: 0812 2220 2006
email: admin@staiabogor.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats