PERAN GURU TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SDIT AL HIKMAH DEPOK TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Ahmad Tajudin Alumni Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muhammad Sarbini Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Ali Maulida Dosen Tetap Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.693

Keywords:

upaya, pengajar Al-Qur’an, karakter islami, peserta didik

Abstract

Pengajar Al-Qur’an dalam perspektif Islam dan peradaban Islam merupakan profesi yang paling mulia dan erat kaitannya dengan amal kebaikan. Oleh karena itu guru Al-Qur’an dituntut untuk memiliki akhlak dan sifat-sifat yang mulia serta menjadi teladan dalam pembentukan karakter religius siswa. Hasil penelitian ini adalah: (a) Gambaran umum pendidikan karakter religius siswa Kelas V SDIT Al Hikmah Depok sudah cukup baik. (b) Peran guru Tahfizh dalam membentuk karakter religius siswa dilakukan melalui kegiatan keagamaan di sekolah antara lain: sebagai teladan, sebagai pembimbing dan sebagai motivator. (c) Faktor-faktor pendukung peran guru Tahfizh dalam membentuk karakter religius siswa antara lain: adanya dukungan dari tenaga pendidik lainnya, adanya kegiatan keagamaan dan lingkungan sekolah yang agamis. (d) Faktor-faktor penghambat peran guru Tahfizh dalam membentuk karakter religius siswa antara lain: kurangnya pengawasan orang tua siswa di rumah dan kurangnya guru Tahfizh dalam memberikan motivasi. (e) Solusi untuk mengatasi faktor-faktor penghambat peran guru Tahfizh dalam membentuk karakter religius siswa adalah pihak sekolah bekerja sama dengan orang tua siswa melalui program MMT (Murajaah Maghrib Tilawah) dan guru Tahfizh memberikan motivasi pada setiap awal pelajaran.

References

Ginanjar, M.H. (2017). Urgensi Lingkungan Pendidikan Sebagai Mediasi Pembentukan Karakter Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(04).

Ginanjar M. H. (2017). Keseimbangan Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).

Istikomah, N. (2019). Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius di MAN 3 Tulungagung.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).

Maulida, A. (2017). Kedudukan Ilmu, Adab Ilmuwan dan Kompetensi Keilmuan Pendidik (Studi Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).

Maulida, A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bulugh Al-Maram. Bogor: Alhidayah Press.

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Primarni, A. (2017). Konsep Pendidikan Holistik dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05).

Saihu dan Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02).

Sumber dari Buku

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia

Lickona T. (2016). Educating for character: Mendidik untuk membentuk karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. dan Andayani, D. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia.

Ramayulis. (2016). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Tajudin, A., Sarbini, M., & Maulida, A. (2020). PERAN GURU TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V SDIT AL HIKMAH DEPOK TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.693

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>