UPAYA MENINGKATKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DI SDN KOTABATU 08 TAHUN AJARAN 2017-2018 KECAMATAN CIOMAS BOGOR

Authors

  • Firman Nahrowi
  • Ali Maulida
  • Muhammad Hidayat Ginanjar

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.335

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) adalah mata pelajaran yang meliputi beberapa aspek, di antaranya akidah, akhlaq, Alquran, hadits, sejarah, dan mata pelaran lainnya. Sementara itu, kedisiplinan pseserta didik dalam proses pembelajaran keagamaan merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SDN Kotabatu 08 Ciomas Kabupaten Bogor dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan daya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengemukakan temuan yaitu: (1) kedisiplinan peserta didik dalam pembelajaran PAI dan BP dinilai sangat baik, terindikasi bahwa peserta didik menunjukkan sikap sopan santun kepada orang tua, guru, teman sejawat maupun kepada orang lain, baik yang seagama maupun berbeda agamanya. (2) urgensi kegiatan tadarus Alquran dalam pembelajaran PAI dan BP agar peserta didik memiliki kemampuan dan wawasan keagamaan yang baik dan meningkatnya kedisiplinan dalam mempelajari agama, (3) hal-hal yang menjadi kendala dalam kegiatan tadarus Alquran yaitu di antaranya minimnya minat peserta didik, kurang bersemangat, faktor intelegensi, orang tua, lingkungan, pendidik, dan (4) solusi Guru PAI dan BP mengatasi kendala kegiatan tadarus Alquran di antaranya meningkatkan dukungan manajemen sekolah, meningkatkan komunikasi dan kerjasama orangtua, melengkapi sarana, selalu memotivasi para guru, dan menegakkan sanksi.

References

Allend, J. Elizabeth. (2005). Disiplin Positif. Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ash-Shiddieqy, T.M.H. (2003). Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Semarang: PT. Pustaka Rizqi Putra.

Departemen Agama. (2016). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung. CV Penerbit Diponegoro

Djamarah, S.B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Drajat, Z. (1976). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta. Bulan Bintang.

Fadilah, Ahmadi A.M. (2007). Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Kelas 4. Jakarta. CV Duta Karya Ilmu.

Haroen, N. (1997). Ushul Fiqh 1. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA WHATSAPP PENGARUHNYA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-22.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Pendidikan dan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laura M.R. (2004). Mengasuh Anak Dengan Visi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maya, A. A. R. (2017). PERSPEKTIF AL-QUR ‘AN TENTANG KONSEP AL-TADABBUR. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).

Meitasari. (2004). Perkembangan Anak terj, Child Development Sixth Edition. Jakarta: Erlangga.

Muttaqien, S. (2006). Menuju Generasi Qur’ani. Bekasi: Fima Rodheta.

Moleong, L.J. (2005). Metode Penelitian Kualitatf. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Purwadarminta, WJS. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Departemen Agama RI, (2004). Pedoman Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Umum, (Jakarta: Depag RI Direktorat Kelembagaan Agama Islam dan Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-Undang No. 20 Tahun. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahidin, U. (2018). IMPLEMENTASI LITERASI MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), 229-244.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Nahrowi, F., Maulida, A., & Ginanjar, M. H. (2018). UPAYA MENINGKATKAN KEDISPLINAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MELALUI KEGIATAN TADARUS AL-QUR’AN DI SDN KOTABATU 08 TAHUN AJARAN 2017-2018 KECAMATAN CIOMAS BOGOR. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1B), 192–207. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i1B.335

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>