IMPLEMENTASI KEGIATAN BIMBINGAN SALAT BERJAMAAH PADA SISWA SMPIT UMMUL QURO PARAKAN JAYA KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Nana Haryanti Nur Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1611

Abstract

Banyaknya sekolah Islam Terpadu yang menawarkan berbagai keunggulan program keagamaannya namun kenyataannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Di sini SMPIT Ummul Quro kabupaten Bogor sangat peduli dan tetap eksis dalam memperhatikan akhlak atau adab kesehariannya siswa melalui bimbingan salat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kegiatan bimbingan salat berjamaah pada siswa SMPIT Ummul Quro, mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambatnya, serta solusi terhadap hambatannya. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Implementasi kegiatan bimbingan salat berjamaah pada siswa SMPIT Ummul Quro dilakukan melalui pembelajaran PAI,  penguatan-penguatan terkait adab keseharian, baik ketika salat maupun adab ketika di dalam masjid atau mushalla serta pengingatan tentang manfaat atau keuntungan melaksanakan salat berjamaah agar dapat memotivasi siswa untuk terbiasa dan tanpa disuruh siswa tetap melaksanakan salat dengan tertib, rapi dan khusyuk sampai siswa mempunyai kompetensi tersebut, sehingga dengan demikian tujuan sekolah tercapai. (2) Faktor pendukungnya yaitu: wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang kooperatif, penanggung jawab bimbingan salat hadir ke mushalla lebih awal, dan lingkungan atau warga sekolah yang mendukung. (3) Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya salat awal waktu dan salat berjamaah, masih ada guru yang lupa atau tidak sadar dengan jadwal yang sudah ditentukan untuk membimbing salat pada hari itu, dan siswa terlambat datang ke masjid atau ke mushalla dengan alasan-alasan tertentu. (4) Solusinya perlu ditingkatkan penguatan-penguatan terkait motivasi siswa untuk melaksanakan salat berjamaah dengan kesadaran sendiri dan harus ada bimbingan serta pengingatan salat yang berkala, pemimpin sekolah harus bertindak tegas terhadap guru yang tidak melaksanakan atau lupa dengan tugasnya, dan perlu kerja sama antar guru

References

Dalam Perspektif Dosen Pegawai STAIN. Esoterik: Jurnal Akhlak dan Tasawuf, 02(01).

Abdul Hadi. (2017). Nilai Edukatif dalam Pelaksanaan Shalat Berjamaah. Jurnal : Mimbar Akademika.02(01).

Rahendra Maya. (2018). Perspektif Al-Qur’an Tentang pembahasan Sosial: Analisis Penafsiran Term Al-Taghyir, Al-Ibtila’, Al Tamhish, dan Al Tamkin. Al- Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 03(01).

Buku

Musthafa Abul Muathi. (2011). Ingin Anak Anda Rajin Shalat?. Solo: Aqwam.

Said bin Ali bin Wahf al-Qahthani. (2013) Khusyuk dalam Shalat menurut Al Qur’an dan As- Sunnah. Yogyakarta: Darul Uswah.

Muhibbuthabary (2012). Fiqh Amal Islami. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Rochiati Wiratmadja. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumadi S. (2004). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hamid Ahmad. At-Thahir. (2011). Buku Pintar Shalat. Solo: Aqwam.

Akhmad Muhaimin A. (2011). Pedoman Praktis Salat Wajib dan Sunnah, Yogyakarta: Javaliter.

Samsul Munir Amin. (2010). Bimbingan dan Konseling Islami. Jakarta: AMZAH.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Nur, N. H., Maya, R., & Sarifudin, A. (2021). IMPLEMENTASI KEGIATAN BIMBINGAN SALAT BERJAMAAH PADA SISWA SMPIT UMMUL QURO PARAKAN JAYA KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.30868/ppai.v3i2.1611

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>