UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ 30 KELAS III DI SDIT ALIYA KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Muhammad Muchlis Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Muslim Muslim Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.720

Keywords:

guru tahfiz, hafalan Al-Qur’an, peserta didik

Abstract

Upaya guru Tahfiz dalam meningkatkan hafalan Juz 30 Kelas III di SDIT Aliya Kota Bogor Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini adalah: (1) Upaya guru Tahfiz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa yaitu kedisiplinan guru dalam menerapkan tahapan pembelajaran Tahfiz sesuai ketentuan dalam buku Tahfiz, membuat WA grup tiap-tiap kelompok belajar Tahfiz, berkoordinasi dengan wali kelas, memberikan tugas muraja’ah dan bekerjasama dengan orang tua, mengadakan program muraja’ah, rapat evaluasi dan koordinasi pekanan. (2) Faktor pendukungnya yaitu hafalan dan kefasihan guru itu sendiri, kedisiplinan guru terhadap dirinya dan upaya mendisiplinkan siswa, mengoptimalkan komunikasi dengan dengan orang tua, memahami karakter siswa. (3) Faktor penghambatnya yaitu ketidakhadiran guru atau siswa, adanya kegiatan integrasi sekolah, banyaknya hari libur pada kalender pendidikan nasional, kondisi siswa yang terkadang kurang mendukung KBM. (4) Solusinya yaitu menjaga kesehatan dan mengutamakan kewajiban mengajar, menjaga hafalan siswa, membuat proses pembelajaran dan targetan serta  konsekuen dalam melaksanakannya, senantiasa melaksanakan pengecekan atau mengevaluasi capaian siswa terhadap targetan yang sudah dicapainya, setidaknya satu bulan sekali.

References

Anwar, K dan Hafiyana, M. (2018). Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2).

Bahruddin, A. H., dan Mujahidin, E. (2018). Metode Al-Qur’an untuk Anak-anak pada Pesantren Yanbu’ul Kudus Jawa Tengah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6 (2).

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(2).

Maya, AAR. (2017). Perspektif Al-Qur’an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1 (01).

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3).

Purnama, R., Maya, R., dan Sarifudin. (2018). Strategi Mudir dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi di Pondok Pesantrenan An-Nur Desa Sukamantri Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor). Prosa PAI: Prosiding Al-Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Sumber dari Buku

Al-Hafiz, M. Ubaid. (2019). 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam.

Al-Qathan, M. (2016). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Hamalik, O. (2013). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nata, A. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Prenadamedia Group.

Qosim, A. (2012). Hafal Al-Qur’an dalam Sebulan. Jawa Timur: Qiblat Press.

Sukmadinata, N. Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N Ardy dan Barnawi. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Website

www.pondokIslam.com, diakses pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 pukul 08:45 WIB.

Sumber Wawancara

Hasil wawancara dengan beberapa siswa sebagai key informant 3 pada hari Kamis 16 Januari 2020 pukul 10.10 WIB.

Hasil wawancara dengan Luluk Dianarini sebagai key informant 2 pada hari Kamis 5 Desember 2019 pukul 10.10 WIB.

Hasil wawancara dengan Nita Kurniawati sebagai key informant 1 pada hari Kamis 19 November 2019 pukul 14.10 WIB.

Downloads

Published

2020-03-09

How to Cite

Muchlis, M., Maya, R., & Muslim, M. (2020). UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN JUZ 30 KELAS III DI SDIT ALIYA KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 102–111. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.720

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>