IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMPIT KAIFA CIOMAS BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.859Keywords:
implementasi, metode Ummi, Al-Qur’an.Abstract
References
Sumber dari Jurnal/Penelitian
Hasunah, U., & Jannah, A. R. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Khudori, A., Priyatna, M., & Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di Kelas IV SDIT KAIFA Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(2B).
Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01) h. 3.
Maya, R. dan Syafri, U.A. (2020). Spirit Literasi Perspektif Al-Muqaddam: Analisis Model Berliterasi Muhammad ibn Ismâ’îl Al-Muqaddam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01). h. 241.
Maya, R., (2017). Perspektif Al-Qur‘an tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1(01).
Rahman, A., Maya, R., & Sholahudin. (2018). Konsep Al-ṢiraṠAl-Mustaqim dalam Al-Quran (Studi Tafsir Tematik Ayat-ayat yang Menjelaskan Term Al-Ṣirat Al-Mustaqīm). Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 3(02).
Riyani. I. (2016). Menelusuri Latar Historis Turunnya Al-Qur’an dan Proses Pembentukan Tatanan Masyarakat Islam. Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(1).
Yasyakur, M. (2019). Penerapan Metode UMMI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa di SDIT Kaifa Bogor. Bina Manfaat Ilmu: Jurnal Pendidikan, 2(02).
Izatun, N. (2015). Studi Komparasi Metode Yanbu’a dan Iqra’ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ At-Taslimiyyah Samban Kec. Bawen Kab. Semarang dan TPQ Al-Huda Calombo Kec. Tuntang Kab. Semarang (Doctoral Dissertation) IAIN Salatiga.
Muhaemin, S. (2018). Strategi Mudarris Tahfizh dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Modern Muara Istiqomah Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Skripsi. Program Studi Agama Islam Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor.
Sumber dari Buku:
Ali, Muhammad Daud. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Sarbini, M. (2014). Pendidikan Robbani. Bogor: Marwah Indo Media.
Hasil Wawancara:
Hasil wawancara dengan Key Informant 1 & 2 pada tanggal 16 Desember 2019 pukul 11.15 WIB.