UPAYA GURU TAHFIZ DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP IT AL-BUNYAN CIKARET KOTA BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2B.855Keywords:
upaya, guru tahfiz, hafalan Al-Qur’anAbstract
Perkembangan menghafal Al-Qur’an semakin meningkat, ditandai dengan banyaknya sekolah berkurikulum hafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi hafalan Al-Qur’an siswa Kelas VIII, upaya guru tahfiz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa, serta solusinya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif lapangan, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini: (1) kondisi hafalan Al-Qur’an siswa Kelas VIII berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. (2) Upaya guru tahfiz dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa yaitu memberikan motivasi, menerima setoran di luar jam pelajaran menghafal Al-Qur’an, tahsin, tasmi’, dan evaluasi. (3) Faktor pendukungnya yaitu lingkungan yang baik, waktu menghafal yang banyak, adanya target hafalan, kerja keras, akhlak siswa yang baik, lancar membaca Al-Qur’an, dukungan orang tua, dan guru tahfiz yang mumpuni. (4) Faktor penghambatnya yaitu malas, mengantuk saat menghafal, bergadang, bermaksiat, beban pikiran, dan media elektronik. (5) Solusinya yaitu memberikan motivasi secara intensif, menegur siswa yang mengantuk, memerintahkannya berwudu, dan menempatkannya di dekat guru tahfiz, melarang siswa bergadang dan menempatkan di setiap asrama satu musyrif, memberikan nasihat, merangkul dan memberikan perhatian kepada siswa, dan dilarang membawa media elektronik.
References
Al Maududi, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2014). Metode Tahfiz Al-Qur’an bagi Pelajar dan Mahasiswa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Asnan, P. & Maturidi. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai Al-Qur’an: Studi Kasus di TPA Darussalam Al-Hamidiyah Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02).
Ginanjar, M. H. (2017). Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami Tamansari Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Kosim, M. (2008). Guru dalam Perspektif Islam. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Maya, R. (2014). Perspektif Al-Qur’an Tentang Konsep Al-Tadabbur. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 1(01).
Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02).
Maya, R. (2017). Pemikiran Pendidikan Muhammad Quthb Tentang Metode Keteladanan (Al-Tarbiyah Bi Al-Qudwah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11).
Sarbini, M. & Maya, R. (2019). Menggagas Pendidikan Anti Jahiliyah (Kebodohan Al-Jahiliyyah). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01).
Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02).
Solahudin. (2015). Tafsir Al-Qur’an Bi Al-Sunnah. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(02).
Wijaya, T. H., Maya, R., & Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Tahfiz dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas XI SMA Al Minhaj Bogor Tahun Ajaran 2018/2019. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Salat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09).
Sumber dari Buku
Al-Qattan, M. K. (2013). Studi Imu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.
Arifin. (2017). Upaya Diri Menjadi Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Darajat, Z. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Yayasan Muntada Islami. (2012). Panduan Mengelola Sekolah Tahfiz. Solo: Al-Qowam.
Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.