UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 DRAMAGA BOGOR TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.30868/ppai.v2i1B.587Keywords:
motivasi, budi pekerti, agama IslamAbstract
References
Maya, R. (2013). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Berkarakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 03(02).
Maya, R. (2013). Menuju Pendidikan Islam Berbasis Al-IttibÄ’. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 02(04).
Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jamâ’ah Al-Syâfi’î. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 06(12).
Priyatna, M. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (10).
Sarbini, M. dan Maya, R. (2019). Gagasan Pendidikan Anti Jahiliyah dan Implementasinya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(01).
Sarifudin, A. (2019). Peningkatan Kinerja Guru dalam Implementasi Penilaian Sistem SKS Melalui Supervisi Akademik Pengawas Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02).
Wahidin, U. (2016). Peran Budaya Organisasi Pendidikan Islam dalam Menghadapi Tantangan Pembangunan Masyarakat, Negara, dan Bangsa. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2 (4).
Yasyakur, M. (2016). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedislipinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).
Sumber dari Buku:
Aan K. dan Engkoswara. (2011). Administator Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
AM. Sudirman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Asrori, M. (2009). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Djamarah, S.B. (2010). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Sinar Grafika.
Maunah, B. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Muhaimin. (2012). Pemikiran dan Akualisasi Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Muslih, S. dan Syafaat. (2011). Peranan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Moleong, L.J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Raharjo, F., dkk. (2014). Himpunan Lengkap Undang-Undang Sistem Nasional. Jogjakarta: Saufa.
Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Ramayulis, (2018). Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Sardimi. dan Darsimi. (2011). Pendidikan Islam & ESQ: Komparasi-Integratif Upaya Menuju Stadium Insann Kamil. Semarang: PT Rasail Media Group.
Sudiyono, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Sukmadinata, N.S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syah, M. (2013). UU RI No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Presepektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumber Wawancara:
Hasil Wawancara dengan Ahmad Suharto, hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 10:25
Hasil Wawancara dengan Elis Susiawati hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 pukul 08:45
Hasil Wawancara dengan Yudi Iswantari hari, Kamis tanggal 23 Mei 2019 Pukul 10:35.