UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS IBNU TAIMIYAH KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Arif Nurhadi Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Agus Sarifudin Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sarifudin Sarifudin Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.719

Keywords:

upaya, guru akidah ahklak, kecerdasan emosional, siswa

Abstract

Pendidikan di Indonesia pada saat ini masih menganggap bahwa seorang yang cerdas adalah yang memperoleh nilai paling bagus, yaitu siswa yang IQ-nya berada di atas rata-rata. Sementara sikap, kreativitas siwa, kemandirian dan emosi belum mendapat penilaian secara intensif. Menurut Goleman kecerdasan intelektual hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan dari faktor kekuatan-kekuatan lain, di antaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kecerdasan emosional siswa di MTs Ibnu Taimiyah, upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Pertama: emosional siswa sebagai berikut: Rasa takut, labil, jail, egois, cemas, cepat terpengaruh oleh teman yang tidak baik dan khawatir. Kedua: upaya guru adalah: memberikan pemahaman tentang emosional memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, berkomunikasi dengan orangtua siswa, memberikan nasehat. Ketiga: Faktor pendukung Adanya kerja sama antar guru, lingkungan sekolah, keteladan para guru-gurunya dan peraturan sekolah. Keempat: faktor penghambat Pemberian nasehat secara individu belum efektif, Masih ada campur tangan dari orang tua siswa, siswa belum memeliki kesadaran yang tinggi dalam belajar, cepat terpengaruh dengan teman yang tidak baik dan Kesolidan antara siswa dan guru masih kurang. Kelima: setiap guru khususnya wali kelas harus mengingat keutamaan ikhlas, Menumbuhkan kesadaran siswa pentingnya belajar, Mengingatkan siswa pentingnya memilih teman yang baik. memberikan Sanksi (Punishment) kepada santri yang tidak menaati peraturan sekolah.

References

Mansyur, I., Maya, R., dan Wahidin, U. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur Pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor.

Sarifudin. (2019). Implementasi Supervise Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Madrasa Ibtidaiyah Negri (MIM) Kota Bogor.

Sarifudin dan Maya, R. (2019). Implementasi Menejemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam

Sumber dari Buku

Afiif, A. (2019). Psikologi Guru. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Makassar: Alauddin Press.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan Emosional EL Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pusta Utam.

Ibrahim, M.M. (2011). Kecerdasan Emosional Siswa Berbakat Intelektual. Makassar: Alauddin Press.

Latuconsina, K.N. (2014). Akidah Akhlak Kontemporer. Makassar: Alauddin Unipersity Press.

Sumber dari Internet

Mimin Aminah. (2013) Kecerdasan Emosional Membentuk Krakter Peserta Didik http://makassar.tribunnews.com. 10 Desember 2012 diakses tanggal 12 Desember 2013.

Sumber dari Wawancar

Hasil Wawancara dengan Ustadz Habibi, M.Pd. 24 Oktober 2019. Pada pukul 09.59 WIB.

Hasil wawancara bersama Ustadz dedi surahman.SP.d.I. Pada pukul 06.23 WIB.

Hasil wawancara bersama Ustadz Ade Kiki koswara S.P.d. 14 oktober 2019. Pada pukul 05.59 wib

Downloads

Published

2020-03-09

How to Cite

Nurhadi, A., Sarifudin, A., & Sarifudin, S. (2020). UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII DI MTS IBNU TAIMIYAH KECAMATAN CIJERUK KABUPATEN BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2), 92–101. https://doi.org/10.30868/ppai.v2i2.719

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>