UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMP NEGERI 2 TAMANSARI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Ade Wiryanto Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Rahendra Maya STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia
  • Sujian Suretno STAI Al Hidayah Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.845

Keywords:

upaya guru, karakter jujur, kerohanian Islam.

Abstract

Secara programatik, pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah usaha bersama semua guru dan pimpinan sekolah, melalui semua mata pelajaran dan budaya sekolah dalam membina dan mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa pada peserta didik. Oleh karena itu guru PAI dan Budi Pekerti dituntut untuk memiliki akhlak dan sifat-sifat yang mulia serta menjadi teladan dalam pembentukan karakter jujur siswa. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, gambaran umum pendidikan karakter jujur di SMP Negeri 2 Tamansari Bogor sudah cukup baik. Berupa program rutinan, seperti program jumat Ngaos dan gerakan dua ribu (GADIBU). Kedua, upaya guru antara lain: mengisi absensi, memberikan jadwal piket, memberikan pemahaman kejujuran, memberikan pengawasan dan pembinaan, menjadi teladan yang baik, mengurangi poin atau nilai, memberikan sangsi, dan melakukan evaluasi. Ketiga, faktor pendukung antara lain: kerjasama antar guru, siswa dan pembina rohis, lingkungan sekolah yang mendukung dan membiasakan guru menanamkan karakter jujur. Keempat, faktor penghambat: pengaruh teman-teman yang buruk, sebagian masyarakat yang berperilaku buruk, dan keterbatasan waktu. Kelima, solusi dari faktor penghambat yaitu: menumbuhkan kesadaran pada siswa, membangun komunikasi baik dengan orang tua siswa, membangun komunikasi baik dengan masyarakat sekitar sekolah dan berusaha meluangkan waktu

References

Mansyur, I. (2019). Upaya Guru PAI dan Budi Pekerti dalam Menanamkan Karakter Jujur pada Siswa Kelas XI SMA Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor. Skripsi Fakultas Tarbiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor.

Maya, R. (2017). Karakter (Adab) Guru dan Murid Perspektif Ibn Jama’ah Al-Syafi’i. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(02). hlm. 33.

Maya, R. (2017). Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). hlm. 281-282.

Misjaya, Bukhori, D S, Husaini, A & Syafri, U A. (2019). Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo-Jawa Timur. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01). hlm. 91-108.

Saputra, T. (2017). Pendidikan Karakter pada Anak Usia 6–12 Tahun. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). hlm. 245.

Triana, R. (2018). Internalisasi Jihad dalam Pendidikan Karakter. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01). hlm. 101-129.

Wahidin, U. (2017). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). hlm. 299.

Wahidin, U. (2017). Pendidikan Karakter Bagi Remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). hlm. 257.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(02), hlm. 229-244.

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(09) hlm. 35.

Sumber dari Buku

Burdah, I. (2013). Pendidikan Karakter Islami. Erlangga Group. hlm. 48.

Kesuma, D, Triatna, C dan Permana, J. (2011). Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. hlm. 7.

Mahmud. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. hlm. 89.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter:Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group. hlm. 65.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad (I/384); al-Bukhâri (no. 6094) dan dalam kitab al-Adabul Mufrad (no. 386); Muslim (no. 2607 (105)); Abu Dawud (no. 4989); At-Tirmidzi (no. 1971); Ibnu Abi Syaibah dalam al-Mushannaf (VIII/424-425, no.

; Ibnu Hibban (no. 272-273-at-Ta’lîqâtul Hisân); Al-Baihaqi (X/196); Al-Baghawi (no. 3574); At-Tirmidzi berkata, “Hadits ini hasan shahih.â€

Hasil Wawancara

Hasil wawancara dengan Ibu An’an Siti Farihah. pada hari Rabu 13 November 2019 pukul 10.34.

Hasil wawancara dengan Bapak Cecep Ismail. pada hari Rabu 13 November 2019 pukul 10.34.

Hasil wawancara bapak abdul mutolib. pada hari Rabu 13 November 2019 pukul 10.34.

Downloads

Published

2020-02-20

How to Cite

Wiryanto, A., Maya, R., & Suretno, S. (2020). UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENANAMAN KARAKTER JUJUR PADA SISWA KELAS VIII MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SMP NEGERI 2 TAMANSARI BOGOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 1–10. https://doi.org/10.30868/ppai.v3i1.845

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>